Contoh Kata Sambutan Buka Puasa Bersama di Kantor (Doa Pengantar)

Buka puasa bersama merupakan momen yang sangat menyenangkan di bulan suci Ramadan. Apalagi kalau acara tersebut digelar oleh kantor tempat kita bekerja, ataupun instansi yang menjadi mitra kerja kita.

Selain kita bisa saling bercengkrama dengan rekan-rekan kantor atau rekan bisnis namun dalam pertemuan yang lebih informal dan tidak harus membahas urusan pekerjaan, acara seperti ini juga bisa semakin memperkuat silaturahmi dan pertemanan.




Tapi apa jadinya kalau tiba-tiba kita ditunjuk untuk memberikan kata sambutan atau diminta untuk memimpin doa sebelum menyantap hidangan berbuka?

Nah, kejadian ini menimpa gw beberapa waktu lalu. Dalam sebuah event buka puasar bersama di kantor, gw diminta untuk pimpin doa. Padahal, biasanya ini menjadi bagian pak sopir kantor yang sudah sangat berpengalaman dan menjadi panutan kita semua.

Sayangnya, berhubung beliau sedang cuti, terpasa gw menerima tanggungjawab ini dengan ikhlas. Agak bingung juga sih, tapi berhubung diminta oleh bos senior dan rekan-rekan lain (tepatnya, gak ada opsi lain), terpaksa. Majulah gw. Dan ini naskah doa yang gw siapkan (hasil Googling sana-sini tentunya).




Doa Pengantar Buka Puasa Bersama

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi robbil ‘alamin assholatu wassalamu ‘ala asyrofil ambiya’i wal mursalin, wa’ala alihi wasohbihi ajma’in ‘amma ba’du.

Puji dan syukur marilah sama-sama kita panjatkan kehadrat Allah SWT atas limpahan nikmat, rahmat serta karunia-Nya yang diberikan kepada kita sekalian, terutama nikmat iman dan nikmat Islam, nikmat sehat wal’afiat serta nikmat panjang umur, sehingga alhamdulillah kita bisa berkumpul di tempat ini untuk mengadakan pertemuan, menjalin silaturahmi, dan menjalankan ibadah, buka puasa bersama.

Pertama-tama, izinkan saya menyampaikan terima kasih pada rekan-rekan panitia, dan juga pihak manajemen sehingga ajang rutin tahunan kita, buka puasa bersama, kembali dapat terselenggara dengan sangat baik. Semoga kita dapat terus berkumpul dan kembali mengadakan pertemuan yang serupa di masa-masa yang akan datang, dan semoga ajang silaturahmi kita kali ini membawa berkah untuk kita semua.

Sebelum kita melanjutkan ke acara berikutnya, ada baiknya kita menundukkan kepala, memanjatkan doa kepada yang maha kuasa. Kali ini, izinkan saya memimpin doa dengan cara Islam. Bagi rekan-rekan yang beragama lain, mari kita berdoa sesuai keyakinan masing-masing.

Allohumma sholli wasallim ‘ala sayyidina Muhammadin wa’ala aalihi wasohbihii ajma’aiin, Warhamna ma’ahum birohmatika Yaa Arhamarrohimiin, Wal hamdulillaahirobbil ‘Aalamiin

Rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani shaghiran

Robbanaa aatina fiddun ya hasanah, wafil akhiroti hasanah wakina a’dzabannaar

Robbana latuzig qullubana ba’daidz haddaitana wahabblana miladunka, rohmatan innaka antal wahab

Robbana taqobbal minna innaka anta sami’ul alim

Robbana ma kholaqta hadza bathila subkhanaka fakina adzabannar

Rabbana faghfirlana dzunubana wa kaffir anna sayyi’atina wa tawaffana ma’al abrar

Rabbana zalamna anfusana wa inlam tagfirlana wa tarhamna lanakunanna minal khasirin

Ghufranaka Rabbana wa ilaikal mashir

Shadaqallahul ‘adzim, walhamdulillaahirobbil ‘aalamiin.




Sekian. Mudah-mudahan nggak salah. Mohon maaf kalau ada yang keliru, silakan disampaikan di kolom komentar untuk saya perbaiki. Kalau bermanfaat, silakan digunakan.