Abadi Bagelen, Kudapan Kenangan yang Kini Kekinian

Waktu menghabiskan masa kecil di rumah nenek dulu, sering Bang Emmet makan roti bulat yang rasanya lembut, manis gurih atau roti kering yang bentuknya sama, tapi renyah dan rasanya juga manis-gurih. Enak lah pokoknya.

Di masa-masa itu, Bang Emmet masih berusia sekitar 4 tahun sampai 8 tahun. Ya, namanya masih anak-anak, Bang Emmet nggak tau apa nama rotinya, cuma tau makannya aja. Tapi yang jelas Bang Emmet sering makan kue-kue itu karena ia jadi kudapan favorit juga bagi nenek dan keluarga Bang Emmet.

Nah, saat pergi melancong dengan rekan-rekan blogger BLUS kemarin ini, Bang Emmet diajak oleh temannya mbak Silvie dari Panda Travel Bandung, makan roti bagelen. Katanya, coba deh, bagelen Abadi yang terkenal dari tahun 1947 sampai sekarang. Gerainya ada di jalan Purnawarman 49, Bandung.


Ternyata bener, Abadi Bagelen ini yang dari dulu Bang Emmet sering makan waktu masih kecil dan tinggal di Pamoyanan, Bandung itu. Begitu dicicip, apalagi warmbollen nya, rasanya nggak berubah. Tapi justru mengingatkan Bang Emmet akan masa lalu yang indah.

Ngomong-ngomong masa lalu, menurut sejarahnya, Abadi Bagelen ini dulunya berasal dari Garut, Jawa Barat. Saat baru beroperasi, ia hanya menjual beberapa macam roti dan kue tradisional. Per tahun 1964, barulah Abadi Bagelen memproduksi dan menjual kue roti bagelen yang legendaris, yang Bang Emmet sudah cicipi sejak 30-an tahun yang lalu tadi. Duh, ketauan dong umur Bang Emmet :P

Sebagai informasi, bagelen ini diproduksi dan dikelola langsung oleh pemiliknya dan menggunakan resep rahasia keluarga. Setelah tiga tahun berjalan dan berkembang, Abadi Bagelen kemudian memindahkan seluruh produksi dan pemasarannya ke Bandung agar bisa tumbuh lebih besar.

Pada kurun 1967 sampai 1976, mereka cuma menjual roti buatannya lewat toko-toko roti lokal dan beberapa supermarket. Sampai akhirnya pada tahun 1977, Abadi Bagelen membuka outletnya sendiri yang di Purnawarman 49 dan masih setia melayani konsumennya sampai sekarang.


Meski punya sejarah panjang sebagai toko roti khususnya bagelen, Abadi Bagelen terus mengembangkan produk-produk kudapan baru agar dapat mengikuti perkembangan jaman dan menyesuaikan kebutuhan konsumen.


Kini, lini produk Abadi Bagelen sudah semakin lengkap. Mulai dari Warmbollen Vanilla yang sangat terkenal itu (sekarang hadir juga dalam rasa Mocca, Rhum, dan Coklat), dan juga bermacam jenis Bagelen Kering seperti Bagelen Spesial Roomboter, Bagelen Margarine, Bagelen Super Mini, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, Abadi Bagelen juga menjual kue-kue kering jaman dulu, seperti Kaasstengels, Speculaas Roomboter & Margarine, Kattetong Vanilla-Coklat-Keju, Boter Janhagel, Bokkepootjes, dan lain-lain.




Tak hanya lini produknya yang diperbanyak agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna, dari sisi kemasan pun kini Abadi Bagelen sudah berubah, mengikuti tren yang sedang kekinian di pasar. Tujuannya tentu agar dapat merangkul generasi muda yang belum pernah mencicipi roti ala vintage, tapi rasanya tak lekang dengan waktu.

Photo by: www.travelerien.com
Gerainya yang berada di jalan Purnawarman tersebut pun sudah direnovasi total dan interiornya dibuat semakin modern, minimalis, tapi tetap klasik dan elegan. Sebagai bukti lain mereka serius menggarap generasi millenial, Abadi Bagelen pun kini merambah dunia online dan media sosial lewat situs resminya di www.abadibagelen.com, Facebook, Instagram, Line Messenger dan juga bisa dihubungi langsung via WhatsApp di 08157075812.

Tak hanya di gerainya, kue-kue dan roti buatan Abadi Bagelen, khususnya Warmbollen Vanilla dan Bagelen Spesial Roomboter saat ini juga sudah tersedia di toko-toko dan supermarket lain di Bandung dan sekitarnya, seperti di Yogya Supermarket, Griya Supermarket, Setiabudhi Supermarket dan beberapa toko roti lokal. Contohnya seperti yang di bawah ini, favorit Bang Emmet:


Mau tau apa saja pilihan roti dan kue yang disediakan Abadi Bagelen? Silakan download daftar menu dan harganya di sini. Mager? Jangan khawatir, kamu juga bisa melakukan pemesanan lewat aplikasi ojek online. Dan malahan, kalau membayar pakai GoPay, ada diskon pula sebesar 5%. Lumayan kan?


6 comments:

  1. Rotinya mantep banget ya bang Emmet jadi pengen lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas... apalagi warmbollen-nya, wah pokoknya :)

      Delete
  2. Liat bungkusan kertas putihnya kaya lupa2 inget, jangan2 dulu saya jg suka makan ini ya... Harus nyoba nih biar ga penasaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti mbak, aku juga ingetnya dulu suka makan roti kering bungkus kertas putih. Begitu cobain, bener ternyata. Ini dia :D

      Delete
  3. Wah iniii.. jajanan khas bandung, jadi oleh-oleh yang membahagiakan. udah cobain yang bagelen supermini sama warmbolennya, duuhhhh.. tjakep! yang punya juga tjakep. wkwkwkw

    ReplyDelete

Powered by Blogger.