Fungsi Tepung Kanji dan Tepung Terigu pada Pembuatan Bakso

Bakso merupakan makanan yang sangat populer, hampir di seluruh pelosok negeri ini. Alasannya, karena makanan ini gurih, mudah ditemukan di mana-mana, murah, dan tidak terlalu membuat kenyang saat kita santap. Tentunya kalau kita memesannya satu porsi saja.

Saking digemarinya oleh masyarakat, banyak pula di antara kita yang penasaran ingin membuat sendiri bakso agar bisa lebih puas mengonsumsinya di rumah. Atau bahkan, kalau terbukti enak, kita juga bisa menjual bakso buatan kita tersebut.


Di Internet juga ada sangat banyak sekali resep bakso yang bisa kita coba untuk membuatnya. Beberapa di antaranya ada yang menggunakan bahan tepung kanji atau tepung tapioka, dan ada juga yang menggunakan tepung terigu. Atau bahkan kombinasi keduanya? Semua tergantung selera. Lalu, apakah fungsi tepung kanji dan tepung terigu pada pembuatan bakso?


Fungsi tepung kanji atau tepung tapioka pada pembuatan bakso adalah untuk membuat bakso kita nantinya lebih kenyal. Sementara tepung terigu dipilih karena hasil bakso buatan kita nantinya rasanya lebih gurih.

Kalau Anda ingin membuat bakso tepung kanji, perbandingan antara tepung dengan daging harus di kisaran 1 banding 4. Sebagai contoh, kalau tepung kanjinya 250 gram, daging sapi atau daging ayam yang Anda siapkan, harus empat kali lipatnya, alias 1.000 gram atau 1 kilogram. Alasannya, karena pada adonan bakso, fungsi tepung kanji adalah hanya untuk perekat dan pengenyal.


Namun apakah membuat bakso dengan tepung terigu tidak bisa kenyal? Tentu saja bisa. Tetapi kita harus menggunakan tepung terigu dengan protein tinggi. Komposisinya contohnya adalah untuk 500 gram daging sapi, Anda perlu menambahkan tiga sampai empat sendok makan tepung terigu protein tinggi. Namun tentunya, Anda bisa bereksperimen sampai menemukan tingkat kekenyalan yang pas sesuai selera Anda.

Nah, Anda ingin melihat salah satu contoh resep cara membuat bakso? Berikut ini contoh resep cara membuat bakso aci daging ayam a la Dapur Ny. Emmet:



Kalau Anda sedang di Malang dan ingin menjajal bakso, khususnya bakso bakar yang mantap, silakan mampir ke sini:


Atau ingin lebih ekstrim lagi, mencicipi jamur tapi rasanya seperti bakso ikan? Coba tengok di sini:


Oke, selamat berkreasi membuat bakso sendiri!

No comments

Powered by Blogger.