Cara Tarik Uang Tunai di ATM Luar Negeri

Anda sedang melancong ke luar negeri dan kehabisan uang tunai? Mencari money changer susah? Tidak punya kartu kredit? Jangan khawatir. Menggunakan kartu debit alias kartu ATM, Anda juga bisa menarik uang tunai di negara tempat Anda berada. Bagaimana caranya?

Kali ini Bang Emmet ingin sharing pengalaman. Soalnya ada yang menanyakan. Siapa yang nanya? Ada deh. Intinya, dengan kartu debit, kita bisa menarik tunai tanpa perlu pusing-pusing membanding-bandingkan kurs mata uang. Biar nanti saja pusingnya, setelah sampai kembali di Indonesia 😋


Btw, pas video ini dibuat, Bang Emmet masih menggunakan kartu debit ATM BCA yang lawas. Belum ganti kartu ke yang ada logo Mastercard dan ternyata bisa juga. Tapi gak lama, setelah balik ke Jakarta dan ketemu teller-nya, Bang Emmet disuruh ganti kartu karena udah ketuaan dan katanya kartu model lama seperti itu akan tidak berlaku lagi. Oke, begini ceritanya.


Kalau kita lagi di Taiwan, khususnya Taipei dan kota-kota besar lainnya di sana, kita cukup sambangi Seven Eleven terdekat. Di sana, hampir bisa dipastikan ada mesin ATM-nya.

Apapun bank pemilik mesin ATM itu, kita cukup masukkan kartu ATM milik kita yang diterbitkan oleh bank di Tanah Air, tunggu sebentar, lalu pilih menu yang ada di layar. Kalau Bang Emmet sih, pilih bahasa Inggris. Nggak ngerti bahasa lain soalnya. Apalagi bahasa kalbu, he he he...

Setelah itu, pilih tombol Withdrawal & Cash Advance di layar. Berikutnya, masukkan PIN kartu ATM Anda seperti biasa, lalu tekan enter.

Berikutnya, pilih nominal yang ingin Anda tarik. Print receipt bila perlu. Setelah itu, ambil kartu ATM Anda, lalu uang yang ingin Anda ambil dari rekening Anda. Bukan rekening orang lho ya. Terakhir, jangan lupa ambil receipt-nya.


Sama seperti yang di Taiwan, ATM di Hong Kong pun demikian. Caranya mirip-mirip.

Setelah memasukkan kartu ATM, pilih bahasa yang akan ditampilkan di layar, lalu ketikkan PIN kartu ATM Anda dan tekan Enter.

Pilih opsi Withdrawal, pilih Yes untuk memastikan, kemudian pilih mata uang yang ingin diambil. Dollar Hong Kong atau Renminbi. Kali ini Bang Emmet coba mengambil Dollar Hong Kong.

Setelah memilih mata uang yang ingin ditarik, pilih nominal yang dibutuhkan. Setelah itu klik Continue di layar.

Mesin ATM kemudian akan menampilkan konversi kurs yang akan digunakan. Pilih Continue with coversion jika Anda ingin mengonversikan mata uang yang ditarik dengan mata uang tagihan yang akan Anda terima, atau pilih lanjutkan tanpa konversi. Anda akan ditagih sesuai dengan nominal yang Anda tarik, apapun mata uang yang digunakan di rekening Anda. Konversi akan dilakukan oleh bank lokal Anda nantinya.

Setelah pilih, tunggu sebentar lalu cabut kartu ATM Anda. Ambil uang yang barusan Anda tarik lalu jangan lupa receipt-nya.

Nah, yang namanya menarik tunai dari ATM, tentunya akan ada biaya konversi dan biaya transaksi. Memang nominalnya akan lumayan terasa kalau kita transaksinya berkali-kali. Namun untuk keperluan darurat, apalagi saat kita kehabisan uang tunai di negara yang bersangkutan dan sulit menemukan money changer, cara ini bisa digunakn.


Selamat mencoba. Sampai ketemu di jalan-jalan berikutnya.


No comments

Powered by Blogger.