27 June 2020

6 Makanan Khas Magelang yang Wajib Coba

Makanan khas Magelang menjadi salah satu kuliner yang sudah diakui kelezatan nya di kalangan masyarakat lokal ataupun wisatawan. Cita rasa yang disuguhkan begitu nikmat dengan memadukan berbagai komposisi bahan.

Hal yang menarik adalah beberapa makanan menggunakan bahan-bahan khusus yang hanya bisa ditemukan di Magelang. Jika Anda sedang berkunjung ke Magelang dan bingung memilih makanan yang tepat, simak saja beberapa rekomendasi berikut.


Sop Senerek
Apakah Anda pecinta makanan berkuah? Jika iya, maka Sop Senerek bisa menjadi pilihan tepat. Tidak hanya namanya saja yang unik, tetapi komposisi bahan dari makanan ini juga tidak tampak layaknya sup lainnya.
https://travelingyuk.com/author/yuni
Di dalamnya berisi kacang merah, irisan wortel, potongan daging, dan bayam yang disiram dengan kuah warna pekat. Rasanya kuahnya sangat gurih karena ditambahi dengan kaldu daging sehingga Anda bisa merasakan kenikmatan rasanya meski hanya memakannya dengan nasi.


Nasi Goreng Magelang
Menu nasi goreng memang bukan lagi hal yang istimewa, tetapi karena menggunakan nama daerah di belakangnya menjadikan makanan ini spesial. Hal yang membedakan nasi goreng ini dengan yang lainnya adalah adanya tambahan mie basah dan tulang ayam lunak.

Keberadaan dua tambahan tersebut menjadikan nasi goreng ini lebih gurih dan nikmat. Apalagi di bagian atasnya dilengkapi dengan irisan kubis mentah. Selain itu, ketika memasak nasi goreng ini, harus ditambahkan dengan kaldu ayam asli.

Mangut Iwak Beong
Iwak Beong adalah ikan yang mirip dengan Lele dan Patin, hanya saja rasanya lebih gurih. Ikan satu ini juga tidak mudah ditemukan di sebarang tempat karena proses membudidayakannya sangat rumit.
https://travel.kompas.com
Maka dari itu, makanan berkuah yang dinamakan Mangut Iwak Beong menjadi kuliner favorit masyarakat lokal karena hanya ada di Magelang. Rasanya kuahnya pedas manis ditambah dengan kuah kukusan dari ikan ini menjadi semakin nikmat. Tambahan beberapa sayuran juga membuatnya tampak menggugah selera.

Sego Megono
Sego Megono merupakan makanan khas Magelang yang biasa disajikan saat Hari Raya Idul Fitri. Jika biasanya menu di berbagai daerah ada opor ayam atau ketupat sayur, maka Magelang justru menyajikan Nasi Megono.


Kuliner yang satu ini sejenis nasi kulupan yang dicampur dengan aneka lauk pauk. Kulupan yang biasa dipilih adalah daun pepaya, ketela, kacang panjang, dan nangka muda. Berbagai kulupan tersebut direbus dan dimakan dengan ikan teri bakar. Anda pasti bisa membayangkan cita rasa gurih antara kulupan, sambal, dan ikan teri bakar.
https://cookpad.com/id/resep/289941-opor-entok
Opor Entok
Sesuai dengan namanya, opor satu ini memang menggunakan daging angsa dan bukannya daging ayam seperti pada umumnya. Opor Entok termasuk makanan berkuah kental berwarna cokelat yang rasanya sangat pedas. Bahkan beberapa penjual menggunakan strategi tingkat kepedasan untuk dapat melariskan kuliner satu ini.

Menariknya lagi, daging entok dimasak dengan cara dimakan baru dicampur dengan berbagai bumbu yang ada, berbeda sekali dengan cita rasa entok pada umumnya yang terkenal sedikit manis.

Buntil Daun Talas
Buntil merupakan salah satu makanan khas daerah Jawa Timur yang juga menjadi andalan kota Magelang. Terbuat dari daun pepaya yang dicampur dengan beberapa tambahan seperti ikan teri dan perasan santan menjadikan makanan yang mirip botok ini sangat lezat.


Dinamakan daun talas karena makanan ini memang dibungkus menggunakan daun tersebut kemudian dikukus selama beberapa menit. Aroma daun talas yang harum menjadikan makanan di dalamnya semakin nikmat.

Jika Anda mengunjungi Magelang jangan sampai melewatkan berbagai makanan khas tersebut. Tidak perlu bingung cara mendapatkannya karena berbagai makanan khas Magelang bisa ditemukan dengan mudah lewat warung makan atau restoran terdekat dari tempat liburan Anda. Pastikan mencari warung yang sudah terkenal kualitasnya agar bisa menikmati cita rasa makanan yang lezat.
Previous Post
Next Post

0 comments: