15 July 2020

4 Makanan Khas Solo yang Recommended

Makanan khas Solo memang terkenal beraneka ragam dan memiliki rasa yang lezat. Liburan ke Solo memang kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi berbagai kuliner lezat yang ada di sana. Mengingat ada banyak sekali makanan khas yang menggoda selera, tentu akan sangat disayangkan jika Anda melewatkannya.

Selain terkenal dengan objek wisata sejarahnya yang beragam, Solo juga memiliki banyak kuliner khas yang wajib untuk Anda coba. Nah, untuk Anda yang berencana untuk liburan ke Solo dalam waktu dekat, pastikan untuk mencoba beberapa kuliner berikut ini.




Nasi Liwet
Rekomendasi kuliner pertama yang wajib untuk Anda cicipi saat ke Solo adalah Nasi Liwet. Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke sana sebelumnya tentu sudah tidak asing dengan kuliner khas yang satu ini. Nasi Liwet sendiri merupakan kuliner nasi putih yang disajikan dalam pincuk daun pisang.

http://harianresep.blogspot.com
Setelah itu akan ditambah sayur labu siam, suwiran ayam dan juga telur rebus. Tidak lupa diberi sedikit santan kental agar rasanya semakin gurih dan lezat. Untuk bisa menikmati menu ini, Anda bisa berkunjung ke Jalan Teuku Umar Prabon Banjarsasi, Surakarta. Salah satu warung nasi liwet yang terkenal di Solo yaitu Nasi Liwet Bu Wongso Lemu.

Selat Solo
Selat Solo menjadi makanan khas Solo selanjutnya yang wajib untuk Anda coba. Selain karena rasanya yang unik, kuliner ini hanya bisa Anda jumpai di daerah Solo. Sehingga sangat disayangkan jika Anda tidak mencobanya saat liburan ke Solo bersama keluarga.




Selat Solo sendiri merupakan kuliner khas Jawa yang dipengaruhi unsur Eropa. Jika Anda penasaran dengan rasanya jika langsung berkunjung ke Warung Selat Mbak Lies. Lokasinya sendiri berada di Jalan Veteran Gang II Nomor 42 Serengan. Biasanya 1 porsi Selat Solo ini dijual dengan harga sekitar Rp 16 ribuan saja.

https://food.detik.com
Sate Buntel
Jika Anda penikmat makanan sate, maka wajib mencoba Sate Buntel yang sangat terkenal di daerah Solo. Sate Buntel sendiri merupakan kuliner khas terbuat dari daging kambing cacah yang dibungkus dengan lapisan lemak tipis. Kemudian sate dibakar hingga benar-benar matang dan bertekstur lembut.




Untuk penyajiannya akan diberi bumbu kecap, irisan bawang merah, daun kol, cabai rawit, dan jeruk nipis. Rasanya yang gurih dan lezat dijamin akan menggoyang lidah Anda. Nah, untuk bisa menikmati kuliner ini Anda bisa langsung datang ke Jl Ki Mangun Sarkono No 112 Sumber Banjarsari. Sate Buntel yang ada di warung Mbok Galak ini dijual mulai dari Rp 35 ribuan per porsinya. Sangat terjangkau, bukan?

https://pariwisatasolo.surakarta.go.id
Brambang Asem
Satu lagi makanan khas dari Solo yang sudah sangat populer dan sering disebut sebagai makanan tempoe doeloe adalah Brambang Asem. Sesuai dengan namanya, Brambang Asem merupakan kuliner khas yang terbuat dari daun ubi jalar. Agar rasanya semakin lezat dan menggugah selera biasanya ditambah dengan bumbu pedas dan lauk tempe gambus.




Perlu diketahui, Brambang Asem sering dijadikan sebagai makanan camilan oleh masyarakat setempat. Nah, untuk Anda yang tertarik untuk mencicipinya bisa langsung datang ke Warung Yu Sum yang ada di Pasar Gede. Tidak perlu khawatir karena harga per porsinya sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 3 ribu saja.

Itulah keempat makanan khas Solo yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi, bagi Anda yang sekarang sedang liburan ke Solo atau berencana ke sana jangan lupa untuk mencoba beberapa makanan di atas. Dijamin lezat dan bisa membuat Anda ketagihan untuk terus mencobanya.  Selamat liburan!
Latest
Next Post

1 comment:

  1. Waaaa aku jadi kangen Solo. Tiap ke Solo, kampung halamanku, aku selalu mampir buat makan nasi liwet khas Solo :)

    Wh aku baru tau itu Brambang Asem lho.

    ReplyDelete