11 Juli 2020

5 Makanan Khas Surabaya yang Lezat dan Bikin Ketagihan!

Kalau Anda berwisata ke Surabaya, tentu tidak lengkap jika Anda tidak mencicipi makanan khas Surabaya. Asal tahu saja, selain menawarkan berbagai macam tempat wisata yang menarik, Surabaya sendiri merupakan kota yang menyuguhkan berbagai macam kuliner yang lezat dan bikin ketagihan.

Nah, biasanya para traveler akan menghabiskan waktu di kota ini untuk liburan sekaligus mencicipi olahan khas kota ini. Lalu, apa saja daftar makanan yang dapat Anda cicipi selama di Surabaya? Anda dapat menyimpannya sebagai berikut.


Rujak Cingur
Rujak adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak disukai oleh berbagai kalangan. Namun perlu diketahui masing-masing wilayah memiliki ciri khas pada rujak yang dibuatnya, sama seperti kota Surabaya ini. Di sini, rujak cingur menjadi salah satu kuliner khas dan terfavorit masyarakat.
www.gambarwisata.com
Ada dua varian rujak cingur yang dijual di kota ini. Varian tersebut yaitu rujak cingur matengan yang terbuat dari bahan yang telah dimasak sebelumnya dan kedua yaitu rujak cingur campur buah.


Tidak jauh berbeda dari wilayah lain, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat rujak cingur yaitu tauge, kangkung, tempe goreng, tahu goreng, dan cingur.

Untuk varian kedua sama seperti rujak buah biasa yakni terdiri dari buah bengkuang, nanas, mangga, dan mentimun. Dan jika ingin mencicipi rujak ini, Anda bisa datang ke tempat Rujak Cingur Genteng Durasim yang berlokasi di Jalan Genteng Durasim No.29. Rujak di sini umumnya dibanderol dengan harga Rp25.000 untuk per porsinya.

Sate Klopo
Sate kambing, sate sapi, dan sate ayam yang dilumuri dengan sambal kacang sudah sangat biasa di banyak daerah di Indonesia. Namun, di Surabaya ini terdapat sate klopo yang menggunakan bahan kelapa untuk campuran satenya.

Proses pembuatannya pun ternyata cukup simple yakni dengan mengiris tipis daging sapi, lalu dilumuri dengan bahan kelapa dan dibakar diatas arang. Dari sini, Anda dapat membayangkan perpaduan rasa gurih dan lezatnya daging sapi. Wah, sepertinya patut dicoba ya?

Salah satu tempat paling populer di Surabaya adalah di Kedai Sate Klopo Ondomohen di jalan Wali Kota Mustajab yang buka pada pukul 06.30 hingga 23.30. Per porsinya sendiri cukup murah yakni sekitar Rp20.000 saja.

Lontong Balap
Makanan khas dari Surabaya ke 3 adalah Lontong Balap. Lontong ini terbuat dari beberapa campuran bahan seperti lontong, tahu, taoge, daging sapi, dan juga lento. Untuk menyantapnya, campuran bahan tersebut akan disiram dengan kuah Lontong Balap yang memiliki cita rasa khas. Kuahnya berwarna cokelat karena salah satu bahan yang ditambahkan adalah petis.


Tentu, makanan ini sangat enak jika disantap ketika masih hangat-hangatnya. Jika Anda ingin mencicipi makanan khas ini, Anda bisa datang ke Lontong Balap Cak No yang berada di jalan Bromo nomor 7. Harga per porsinya tidak lebih dari Rp50.000.


Tahu Telor atau Tahu Tek
Sebagian besar dari Anda tentu sudah mengetahui tentang makanan khas yang satu ini. Tahu tek yang merupakan makanan khas Surabaya ini ternyata juga sangat terkenal di beberapa wilayah di Indonesia. Dalam satu porsinya, terdapat beberapa bahan yang dicampurkan yakni tahu yang telah digoreng dengan telur, lontong, taoge, dan kentang.

Untuk menghidangkannya, penjual umumnya akan menyiram saus kacang pedas yang dicampur dengan petis khas Surabaya. Agar lebih nikmat, tambahkan kerupuk ketika menyantapnya. Salah satu tempat yang jual makanan ini di Surabaya adalah Tahu Tek Pak Ndut di Jalan Manyar Rejo No 1 yang dibanderol dengan harga Rp12.000.
https://iqbalazhari.com
Kepiting Cak Gundul 1992
Makanan khas selanjutnya yang tidak boleh tertinggal untuk disantap yaitu Kepiting Cak Gundul 1992. Kuliner ini tentunya sangat direkomendasikan bagi Anda pecinta seafood dan kebetulan berada di Kota Pahlawan ini. Sesuai dengan namanya, Ternyata makanan ini sudah lama terkenal di Surabaya yakni sejak tahun 1992.

Kepiting yang dipakai dalam proses memasak adalah kepiting yang berukuran besar dan berkualitas. Harganya pun cukup terjangkau dapat disesuaikan dengan budget Anda.


Jika Anda ingin mencoba seafood lainnya, di sini juga tersedia kuliner yang terbuat dari udang, cumi-cumi, ikan-ikanan, hingga daging biasa seperti ayam. Untuk mencicipi makanan lezat ini, Anda perlu mengkocek kantong sebesar Rp100.000 hingga Rp200.000.

Setelah menjelajahi daftar makanan terpopuler di Surabaya, tentu Anda yang datang ke kota ini sangat dianjurkan untuk mencicipi makanan khas Surabaya. Ada banyak sekali rumah makan yang menjual hidangan di atas sehingga Anda tidak perlu kebingungan mencarinya.
Previous Post
Next Post

0 komentar: