09 July 2020

6 Makanan Khas Cirebon yang Wajib Dicicipi

Makanan Khas Cirebon tentunya wajib Anda coba ketika sedang berkunjung ke kota yang satu ini. Tidak hanya berbagai wisata alam dan buatan saja yang menarik, berbagai makanan khas Cirebon pun berhasil memikat para wisatawan.

Tidak heran jika banyak masyarakat luar Cirebon yang rela jauh-jauh pergi ke kota ini. Nah, kali ini kita akan membahas 6 makanan khas Cirebon yang Wajib Dicicipi kalau kebetulan Anda singgah di kota tersebut. Apa saja?


Empal Gentong 
Salah satu Makanan Khas Cirebon yang banyak digemari yaitu empal gentong. Penyajian empal gentong sangat unik yaitu dengan menggunakan kuali besar yang terbuat dari tanah liat. Sesuai dengan namanya, bahan dasar yang digunakan yaitu daging sapi yang dimasak hingga bertesktur lembut.
https://cookpad.com/id/pengguna/2626288
Waktu yang dibutuhkan untuk memasak empal cukup lama yaitu sekitar 5 jam. Empal sangat nikmat karena dipadukan dengan kuah yang gurih dan sedap. Tidak hanya itu, Empal Gentong juga disajikan bersama babat, paru, usus dan limpa. Harganya sangat terjangkau yaitu hanya Rp. 17.000 hingga Rp. 25.000 per porsi.


Docang 
Mungkin Docang sudah tidak asing lagi ditelinga Anda bukan? Doclang juga menjadi salah satu makanan khas Bogor dan bahan utama yang digunakan juga sama yaitu lontong. Meskipun hampir sama namun bumbu dan jenis penyajiannya berbeda.

Isi doclang pada umumnya yaitu lontong, tauge, daun singkong, parutan kelapa, dan kerupuk untuk pelengkapnya. Penyajiannya yaitu isi doclang di siram dengan saus kacang yang lengkap dengan kombinasi dengan bungkil kacang dan parutan kelapa. Harga makanan khas Cirebon ini sangat terjangkau yaitu hanya sekitar Rp. 10.000 hingga Rp. 15.000.

Nasi Lengko 
Nasi Lengko khas Cirebon yang satu ini  sangat sederhana yaitu nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, tauge rebus dan mentimun. Seluruh bahan tersebut nantinya disiram dengan bumbu kacang dan kecap, kemudian ditaburi bawang goreng serta daun kucai.
https://kumparan.com/cirebon-foodiary
Nasi Jamblang
Selain nasi jamblang, ada juga nasi lain yang menjadi makanan khas Cirebon, yaitu nasi jamblang. Nasi ini memiliki cita rasa yang istimewa dan penyajiannya yang unik yaitu disajikan menggunakan daun jati sebagai alasnya. Nasi jamblang yaitu nasi yang disajikan bersama dengan lauk yang beraneka ragam.

Menu lauk yang disajikan tentu berbeda dengan menu lauk pada umumnya. Seperti tempe kedelai yang digoreng jauh lebih padat dibanding yang dijual dipasaran atau telur goreng yang dimasak dengan minyak yang banyak sehingga telur terasa lebih renyah. Sambal yang digunakan pun terbuat dari cabai yang dimasak sampai matang.


Mie Koclok 
Para pecinta mie tentu wajib mencoba mie koclok yang menjadi makanan khas kota Cirebon ini. Mie disajikan bersama dengan ayam suwir, irisan telur, tauge dan daun bawang di atasnya. Kuah yang digunakan untuk mengguyur mie berwarna putih kental menjadikan mie koclok begitu nikmat.
https://food.detik.com
Tahu Gejrot 
Ada yang kurang jika berkunjung ke Cirebon tapi tidak mencicipi Tahu Gejrot. Tahu Gejrot mungkin banyak ditemukan di daerah-daerah lain, tetapi tahu gejrot khas Cirebon ini memiliki rasa yang berbeda dengan tahu gejrot daerah lain.


Sesuai dengan namanya, makanan terbuat dari tahu yang digoreng kemudian diberi bumbu mentah campuran cabai, bawang merah, bawang putih dan gula merah yang sudah dihaluskan. Meskipun hanya tahu, tetapi makanan ini bisa mengenyangkan dan menyegarkan. Harga jual tahu gejrot yaitu sekitar Rp. 12.000 per porsi.

Makanan Khas Cirebon bisa Anda cicipi dengan mudah di berbagai wilayah di Cirebon. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi  makanan juga ramah dikantong.
Previous Post
Next Post

0 comments: