13 July 2020

8 Makanan Khas Tegal Terbaik Menggugah Selera Makan

Anda pernah dengar Warung Tegal? Kalau Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta dan kota-kota lain, tentunya sering mendapati warung yang menyediakan nasi dengan beraneka ragam lauk pauknya yang dijajakan dengan harga yang sangat terjangkau.

Tetapi jangan salah, selain Warung Tegal, banyak makanan khas Tegal yang sudah terkenal dan populer sehingga kota Tegal sering disebut sebagai Kota Kuliner. Tidak sedikit juga warung kuliner dari berbagai makanan dan minuman bermunculan di Kota ini.


Tidak hanya makanan kekinian saja yang ditawarkan, tetapi makanan khas Tegal pun berhasil menarik perhatian masyarakat dan memiliki tempat sendiri. Nah, berikut ini 8 di antaranya.

www.unileversolutions.com
Nasi Bogana 
Nasi Bogana yang merupakan makanan khas Tegal ini hampir mirip seperti kuliner nasi rames. Nasi bogana terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk pendamping. Seperti kari ayam, opor ayam, telur pindang, oseng tempe, dendeng dan lain-lain. Makanan khas tegal ini disajikan diatas daun pisang yang membuat nasi bogana lebih lezat dan mantap.

Kupat Glabed 
Kupat Glabed tidak kalah lezatnya dengan kupat khas kota lain. Kupat asli tegal ini dibuat dari potongan kupat yang disiram dengan santan kental gurih yang pastinya membuat Anda ketagihan. Makanan semakin nikmat ketika ditambahkan dengan kerupuk yang renyah.


Di warung yang menjual kupat glabed biasanya juga menyediakan sate ayam dan sate kerang. Karena kedua sate tersebut sangat cocok disantap bersama kupat glabed. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi kupat glabed sangat terjangkau.

Kupat Blengong
Selan kupat glabed, terdapat juga makanan khas kupat yang lainnya yaitu kupat blengong. Kupat Blengong terdiri dari irisan kupat yang ditambahkan dengan daging blengong yang dibuat sate. Sate blengong berukuran relatif panjang daripada sate pada umumnya dan bercita rasa gurih. Daging blengong memiliki rasa yang menyerupai daging bebek dan bertekstur empuk.

www.instagram.com/javafoodie
Kemronyos
Kemronyos yaitu sate dengan bahan dasar daging kambing. Bedanya sate kambing Tegal dengan sate kambing lainnya yaitu sate tidak menggunakan bumbu ketika dibakar. Penyajiannya menggunakan kecap, sambal dan sayuran.


Jika Anda tidak suka dengan daging sapi, biasanya penjual kemronyos juga akan menyediakan sate dengan bahan daging sapi. Kini sajian kemronyos pun semakin nikmat dengan penyajian di atas hotplate.

Glotak
Glotak memiliki cita rasa yang khas dan unik. Glotak yaitu makanan yang terbuat dari gembus yang merupakan sejenis oncom kemudian dimasak dengan berbagai bumbu. Sehingga rasa glotak begitu gurih dan nikmat. Apalagi ketika dicampur dengan kaldu dan tambahan cabai, rasanya begitu pedas dan gurih.

Soto Tauco 
Sesuai dengan namanya, makanan khas Tegal ini terdapat tauco didalamnya. Kuah kaldu soto yang digunakan dicampur dengan tauco asam yang membuat soto semakin lezat dan segar. Uniknya lagi, soto disajikan dengan mangkuk kecil layaknya minuman.

Rujak Teplak
Makanan Khas Tegal yang wajib Anda coba yaitu Rujak Teplak. Rujak Teplak yaitu beragam sayuran yang direbus kemudian ditambah dengan sambal gaul. Sayuran yang biasanya digunakan pada rujak teplak yaitu kangkung, daun pepaya, daun lembayung dan beberapa jeni sayur lainnya.

http://jateng.tribunnews.com
Sedangkan untuk sambal gaul yaitu olahan dari singkong rebus yang dihaluskan bersama dengan bumbu-bumbu pedas. Rasa yang unik dan khas menjadikan rujak teplak menjadi makanan khas yang legendaris di Tegal.


Kacang Bogares 
Kacang Bogares sangat digemari oleh masyarakat Tegal karena memiliki rasa yang gurih, manis dan renyah. Bogares merupakan makanan khas Tegal yang cocok untuk camilan maupun oleh-oleh keluarga di rumah. Anda dapat membeli kacang borgares di berbagai toko oleh-oleh khas tegal.

Makanan Khas Tegal tidak hanya makanan berat saja, tetapi juga terdapat makanan ringan yang cocok sebagai cemilan. Beberapa makanan pun juga bisa tahan lama sehingga bisa dipilih sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.
Previous Post
Next Post

0 comments: