03 July 2020

Makanan Khas Sidoarjo yang Wajib Anda Coba

Jika Anda datang ke kota Sidoarjo, maka jangan lupa mencicipi makanan khas Sidoarjo yang mantap dan bikin ketagihan. Walaupun tidak terkenal sebagai kota dengan kekayaan kuliner khas, nyatanya Sidoarjo memiliki makanan khas yang tak kalah enaknya dengan kota-kota kuliner seperti Bandung.

Maka dari itu, tidak lengkap rasanya jika Anda berlibur ke kota Sidoarjo, tetapi tidak menyempatkan diri untuk menikmati kuliner khasnya. Lalu, apa saja daftar makanan khas yang dapat Anda beli? Simak ulasannya di sini!


Lontong Kupang Sidoarjo
Makanan khas Sidoarjo ini banyak ditemui di warung makan di berbagai sudut kota. Cita rasa yang ada pada makanan ini pun sangat khas. Hal ini dikarenakan adanya perpaduan isian yang dituangkan di atas piring yakni lontong, lentho, dan Kupang yang disiram dengan kuah Kupang. Kupang sendiri merupakan kerang laut berwarna putih yang ukurannya kecil. Sedangkan lentho adalah sebutan lain dari adonan kacang Tolo yang digoreng.
https://www.instagram.com/ferri_way
Makanan ini selalu dihidangkan dengan tambahan cabe dan bawang putih serta petis yang dihaluskan bersama, lalu ditambah perasan air jeruk nipis. Untuk menikmati hidangan ini, Anda bisa memesan es degan sebagai pendampingnya. Nah, jika Anda tertarik untuk membelinya, Anda bisa datang ke Kupang Lontong Pak Misari di jalan Mojopahit. Untuk harga per porsinya sendiri cukup terjangkau yakni Rp8.000 saja.


Bandeng Asap Sidoarjo
Perlu Anda ketahui, Sidoarjo adalah salah satu kota yang  menjadi penghasil bandeng terbesar di pulau Jawa. Tidak heran, jika Anda datang ke kota ini, Anda akan menjumpai berbagai kuliner yang berbahan dasar bandeng salah satunya adalah Bandeng Asap Sidoarjo. Sesuai dengan namanya, makanan khas ini dibuat melalui proses pengasapan. Jika sudah matang, pembeli bisa membawa makanan ini sebagai oleh-oleh dan menyimpannya di refrigerator.
http://jualbandengasapsidoarjo.blogspot.com/
Salah satu penjual Bandeng Asap yang terkenal di Sidoarjo adalah Bandeng Asap buatan Bu Nasir. Untuk alamatnya sendiri berada di Jalan RA Kartini nomor 133B. Harga per ekor bandeng asap ini dibanderol mulai dari Rp9.000 hingga Rp25.000.


Bandeng Presto
Jika tadi ada Bandeng Asap sekarang ada Bandeng Presto yang tak kalah terkenal di Sidoarjo. Sesuai dengan namanya, cara memasak bandeng ini adalah dengan cara dipresto sehingga tulang-tulangnya dapat menjadi lunak. Dengan proses presto yang dapat melunakkan duri ikan, Anda pun tidak perlu lagi menghilangkan duri-durinya ketika menyantap hidangan ini.

Bandeng presto ini dapat Anda beli di salah satu tempat paling recommended yaitu itu di warung Tombo Luwe. Lokasinya berada di perumahan Magersari blok BW 3 dan harga per porsinya sendiri dimulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000.
https://prasmanan.com/resep/resep-sate-kakul-kerang/
Sate Kerang Sidoarjo
Kuliner terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Sate Kerang Sidoarjo. Mungkin sedikit aneh bagi Anda karena sate-sate yang dijual di warung umumnya adalah sate ayam, sapi atau kambing. Namun, percayalah bahwa sate kerang ini juga tidak kalah enaknya dengan sate-sate tersebut. Proses pembuatannya sendiri tidak jauh berbeda dengan pembuatan sate pada umumnya yaitu dengan memanggang tusukan kerang yang telah dilumuri dengan bumbu kecap dan kacang.


Umumnya, untuk menyantap sate ini, penjual akan memberikan beberapa potongan lontong sebagai pelengkap. Nah, jika Anda tertarik untuk membelinya, Anda bisa datang ke tempat Kupang Lontong Sate Kerang yang berlokasi di Jalan Majapahit nomor 4, sidowayah. Harga per porsinya yaitu sekitar Rp4.000.

Nah, setelah mengetahui ulasan di atas, kini Anda tidak perlu bingung lagi mencari makanan khas Sidoarjo. Tentunya Anda juga sudah mengetahui beberapa rekomendasi tempat yang bisa Anda datangi untuk menyantap makanan tersebut. Selamat menikmati hidangan!
Previous Post
Next Post

0 comments: