05 July 2020

Makanan Khas Sukabumi yang Terkenal dengan Rasa yang Enak dan Lezat

Makanan Khas Sukabumi perlu Anda cicipi ketika Anda sedang berada di Sukabumi tentunya. Di kawasan ini, kuliner khas Sunda yang disuguhkan begitu unik dengan cita rasa yang juga punya ciri khas tersendiri.

Menariknya, selain Anda bisa mencicipi berbagai makanan khas, Anda juga bisa menikmati berbagai wisata yang begitu mengasyikkan di Sukabumi. Meski begitu, kali ini, kita akan membahas khusus kuliner Sukabumi lebih dulu. Apa saja?


Nasi Tutug Oncom
Nasi Tutug Oncom adalah makanan tradisional khas Sunda, dan salah satunya juga di Sukabumi. Nasi dimasak bercampur dengan oncom dan berapa bumbu lain yang khas dengan Sukabumi. Biasanya, nasi tutug disajikan dengan berbagai lauk pauk pendukung lainnya.


Nasi Uduk Ungu
Makanan Khas Sukabumi unik yang satu ini wajib Anda coba. Biasanya nasi uduk di daerah lain berwarna putih biasa, tetapi berbeda dengan nasi uduk Sukabumi yang berwarna ungu. Warna ungu yang dihasilkan tentu bukan karena bahan kimia, melainkan dari olahan yang dicampur dengan ubi ungu dan bit.

Nasi uduk ungu disajikan bersama jenis lauk pauk seperti ayam goreng kemiri, bebek goreng, telur dadar, tahu, tempe maupun dengan tambahan lalapan segar. Rasa yang disajikan begitu nikmat.


Nasi Hijau
Tidak hanya nasi berwarna ungu saja yang disuguhkan, tetapi juga ada nasi hijau yang siap menggoyangkan lidah Anda. Nasi hijau yaitu nasi yang dicampur dengan daun bayam dan beberapa campuran bahan lain. Dengan mengkonsumsi nasi hijau, nafsu makan Anda maupun si kecil tentu akan bertambah.

Nasi hijau biasanya dihidangkan dengan ayam goreng, telur dadar dan tahu atau tempe goreng. Nasi akan semakin lezat dan nikmat dengan taburan bawang goreng diatasnya. Jika Anda suka dengan rasa pedas, Anda bisa menambahkan sambal agar semakin menggugah selera makan Anda.

Sate Aci 
Sesuai dengan namanya, sate aci yaitu sate yang bahan dasarnya terbuat dari tepung aci atau tepung kanji. Tepung kanji diolah terlebih dahulu menggunakan kompor membentuk aci yang kecil-kecil kemudian dicampurkan dengan penyedap rasa.

Setelah adonan mendidih, aci kecil tersebut ditusuk-tusuk menggunakan lidi. Tunggu hingga dingin kemudian ditabur dengan bumbu kacang layaknya seperti sate ayam. Olahan sate aci yang Anda rasakan tentu akan berbeda dengan sate aci di rumah.


Surabi 
Makanan khas yang cukup ringan untuk Anda cicipi yaitu Surabi. Kue khas yang disuguhkan oleh Sukabumi tentu berbeda dengan daerah lain, karena Surabi Sukabumi terbuat dari durian. Sehingga rasa surabi begitu nikmat dan harus. Bagi Anda para pecinta durian, tentu makanan khas olahan durian yang satu ini wajib di coba.


Bolu Pisang
Anda tidak perlu khawatir oleh-oleh apa yang cocok untuk dibawa pulang. Bolu pisang khas Sukabumi siap menjadi oleh-oleh yang lezat untuk keluarga di rumah. Kuliner bolu pisang ini tidak hanya bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh Sukabumi saja, tetapi juga bisa dapat Anda temukan di sekitar jalan raya Sukaraja.


Roti Priangan 
Roti legendaris yang patut untuk Anda coba yaitu roti priangan yang sudah ada sejak tahun 1943. Roti ini memiliki adonan khusus dengan cita rasa yang begitu lezat dan enak. Selain cocok dinikmati ketika Anda bersantai, roti priangan juga cocok sebagai oleh-oleh di rumah.


Kue Mochi
Makanan khas Sukabumi lainnya yaitu Kue Mochi yang memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih. Ada banyak warna dan rasa yang dapat dijadikan sebagai pilihan Anda.
Aneka Makanan Khas Sukabumi siap menggoyangkan lidah Anda. Rasa makanan khas Sukabumi akan membuat Anda enggan untuk meninggalkan kota yang satu ini.
Previous Post
Next Post

0 comments: