Bawang Bombay Krispi. Resep dan Cara Membuat Onion Ring yang Garing

Siapa yang doyan onion ring? Bawang bombay crispy? Bawang bombay goreng tepung? Ada yang nggak doyan? Wah, sayang sekali kalau begitu. 

Padahal makanan cemilan yang satu ini sangat mantap disantap kalau lagi santai. Apalagi, bawang punya kandungan zat yang bikin badan kita hangat, cocok kalau cuaca sedang dingin, atau kita sedang agak masuk angin.



Halo Assalamu'alaikum teman-teman, kembali lagi di dapur Ny.Emmet. Kali ini kita akan coba masak yang ringan-ringan saja, yang gampang-gampang saja, snack buat cemilan iseng, tapi enak.

Kebetulan, tadi Ny.Emmet ke Pasar Delapan, Alam Sutera, Tangerang untuk nyari bawang bombay. Sampai sana, malah nemu bawang bombay ungu. Sekalian aja Ny.Emmet beli.

Iseng-iseng, kali ini Ny. Emmet mau membuat bawang bombay krispy putih dan ungu sekaligus. Seperti apa? Nah ini dia penampakannya.

Bagaimana resep dan cara membuat onion ring yang garing?

Pertama-tama, setelah dibersihkan, kita iris bawang bombaynya tipis-tipis. Setelah diiris, kita lepaskan agar ia menjadi lingkaran-lingkaran. Inilah asal muasal nama beken onion ring. Karena ya bentuknya seperti cincin.


Oke, berikutnya, kita iris-iris juga bawang bombay ungunya. Sebagai informasi, bawang bombay ungu ini lebih jarang ditemukan dan harganya lebih mahal. Kalau menurut Bang Emmet, bawang bombay ungu ini rasanya lebih maknyusss jadi gorengan bawang bombay crispy dibanding bawang bombay biasa. O ya, ada yang lupa dibahas.

Apa saja bahan-bahan membuat bawang goreng krispy?

  • bawang bombay
  • tepung terigu
  • tepung beras
  • garam
  • merica
  • kaldu penyedap
  • margarin
  • air

Cara membuat adonannya, campurkan tepung terigu dan tepung beras dengan rasio satu banding satu. Alias jumlahnya sama banyak. Pisahkan dalam dua piring yang berbeda. Pasalnya, di piring yang pertama, kita akan menyampurkan air dan ditambahkan garam, merica serta kaldu penyedap. Di piring satunya, cuma campuran tepung terigu dan tepung beras saja.

Setelah itu, panaskan minyak goreng. Supaya lebih crispy, tambahkan juga sedikit margarin di minyak goreng tersebut. Dan sambil menunggu minyaknya panas, kita siapkan bawang bombaynya.

Celupkan bawang bombay ke adonan tepung encer tadi sampai semuanya terlumuri dengan baik. Setelah itu, angkat dan masukkan ke dalam wadah yang berisi tepung kering. Aduk-aduk sampai tepungnya menempel di bawang bombaynya.

Setelah semua tercampur rata dan minyak sudah panas, tinggal kita goreng bawangnya. O ya, sebaiknya gunakan api besar dan bawangnya tenggelam di dalam minyak ya. Karena api besar, goreng sebentar saja, jangan sampai hangus.


Sambil digoreng, sesekali diaduk-aduk juga ya, supaya rata matangnya. Dan kalau sudah, silakan angkat dan tiriskan. Sangat mudah bukan?

Kalau Anda ingin menyaksikan langsung proses pembuatan bawang goreng krispi, resep dan cara membuat onion ring yang garing, silakan simak video berikut. Selamat mencoba: