Beda Bawang Goreng Brebes dan Sumenep

Anda heran kenapa bawang goreng bisa kriuk dan renyah meskipun warnanya kuning seperti hanya digoreng sebentar saja? Padahal, jika Anda goreng sendiri bawang merah, renyahnya hanya sebentar dan warnanya pun agak gelap, tidak cokelat terang atau kekuningan.

Jangan. Jangan terheran-heran, kemungkinan Anda memilih bawang yang kurang tepat. Siapa tau yang Anda beli adalah bawang merah Brebes, bukan Sumenep. 




Lalu, apa beda bawang merah Brebes dan bawang merah Sumenep setelah digoreng? Mari kita simak. Sebelumnya, kita perlu membahas cara menggoreng bawang yang baik agar tidak gosong dan garingnya pas.

Untuk menggoreng bawang sendiri, sebaiknya menggoreng dengan api sedang. Namun demikian, pastikan minyaknya sudah dalam kondisi panas ya, sebelum mulai menggoreng, agar durasi menggoreng bawangnya pun tidak perlu terlalu lama. Mulai dari 3 sampai 5 menit, tergantung banyaknya bawang yang akan digoreng.




Saat bawang sudah mulai menguning, sebaiknya terus diaduk agar matangnya merata dan tidak ada bawang yang tertinggal, kurang matang. Kalau sudah ukup berubah warnanya, sekitar 3 sampai 5 menit tadi, angkat dan tiriskan. Berikan lapisan kertas di bawah bawang goreng untuk menyerap minyak dari bawang.

Nah, berikut ini perbedaan bawang merah Brebes dan bawang merah Sumenep setelah digoreng. Sebelah kiri adalah bawang goreng dengan bahan bawang merah Brebes. Sebelah kanan adalah bawang goreng dengan bahan bawang merah Sumenep.

Sama-sama digoreng dengan api sedang, dengan durasi menggoreng kurang lebih sama, sekitar 5 menit dan sama-sama menggunakan minyak goreng yang baru dari merek yang sama, dan bukan minyak yang sebelumnya sudah pernah digunakan untuk menggoreng, hasil bawangnya berbeda.

Bawang merah Brebes hasilnya lebih gelap warnanya. Rasa kriuk-nya tidak bertahan lama. Adapun bawang merah Sumenep, hasilnya lebih terang warnanya. Ia bisa garing lebih lama meski sudah kita simpan dalam botol misalnya, dan aromanya pun lebih wangi dibandingkan dengan bawang merah Brebes.




Kesimpulan
Ya, jika Anda bermaksud untuk membuat bawang goreng, sebaiknya gunakan bawang merah Sumenep. Tetapi kalau Anda bermaksud untuk menggunakan bawang merah sebagai salah satu bumbu masakan, bawang merah Brebes merupakan pilihannya.

Kalau ingin lihat seperti apa bawang merah Brebes dan bawang merah Sumenep setelah digoreng? Simak perbandingannya di video berikut ya: