Cara Membuat Isi Cilok

Cilok merupakan sajian ringan yang lezat. Disajikan hangat-hangat, apalagi di sore hari setelah hujan lebat, rasanya akan semakin nikmat. Apalagi kalau dikudap bersama sahabat atau kerabat, pasti rasanya lebih dahsyat.

Salah satu faktor pendukung agar cilok yang kita santap rasanya nikmat, adalah di jeroannya, atau isinya, atau dalamannya. Ya, kekenyalan cilok, kesedapan bumbunya pun sangat penting dan menentukan. Tetapi, begitu cilok digigit dan dikunyah, isinya lah yang menentukan sejauh mana kelezatan ini makanan.




Nah, buat yang penasaran, berikut salah satu cara untuk membuat isi cilok, yang digadang-gadang, sedapnya mentok.


Bahan-bahan Isi Cilok
Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat isi cilok dahsyat antara lain adalah:

  • daging sapi (sandung lamur) dicincang kasar
  • garam
  • lada
  • bawang goreng
  • minyak goreng
  • air secukupnya

Untuk daging sapi, bukan sembarang daging sapi. Agar lebih pas, pilih daging sapi sandung lamur, yang merupakan daging dada sapi bagian bawah, dekat area ketiak sapi. Eh, jangan jijik dulu. 




Daging sapi area ini, yang kerennya sering disebut dengan brisket, merupakan daging yang kekenyalannya pas dan sedikit berlemak. Cocok untuk digunakan, mulai dari masakan Padang daging asam padeh, sampai ke daging untuk Rawon. Nah, buat jeroan cilok, pun cocok.

Cara Membuat Isi Cilok
Pertama-tama panaskan minyak goreng untuk menumis daging yang bersangkutan. Setelah mulai matang, tambahkan garam dan lada secukupnya, sesuai selera. Aduk sampai merata.

Setelah merata, tambahkan air secukupnya, agar daging tersebut lebih matang, karena cincang daging tersebut agak kasar. Jika tidak ditambahkan air, ada kemungkinan dagingnya nantinya akan lebih alot. 

Berikutnya, masukkan juga bawang goreng Sumenep untuk melengkapi aroma dan rasanya. Aduk kembali sampai airnya mulai mengering dan daging semakin matang.

Setelah matang, tiriskan dan daging cincang pun sudah siap untuk dimasukkan ke dalam adonan cilok. Mudah bukan? Selamat mencoba!




Buat yang penasaran ingin lihat seperti apa proses pembuatan isi cilok, silakan simak video berikut ini: