01 Desember 2020

Perbedaan Bawang Merah Brebes dan Sumenep

Anda penggemar bawang goreng? Atau gemar makan menu masak yang menggunakan bawang sebagai salah satu bumbunya? Tentunya Anda tahu bawang merah bukan? 

Tetapi tahukah Anda sebenarnya bawang merah pun ada macam-macam. Contohnya adalah bawang merah Brebes dan juga bawang merah Sumenep.




Meski sama-sama bawang merah, tetapi kedua bawang tersebut memiliki karakteristik yang berbeda antara satu sama lain. Nah, kali ini kita akan membedakan jenis bawang merah yaitu bawang merah Brebes dan bawang merah Sumenep. 

Seperti sudah disebutkan tadi, keduanya sama-sama bawang merah, tetapi jenisnya berbeda. Yaa, kota asalnya pun memang terpisah jarak yang lumayan jauh sih, sekitar 700 kilometer jaraknya. Wajar kan, beda?




Ok. Singkatnya, perbedaan bawang merah Brebes dengan bawang merah Sumenep seperti ini. Bawang merah Sumenep tidak terlalu merah warnanya, dan bentuknya lebih lonjong. Warnanya lebih ke pink. Dari sisi baunya, bawang Sumenep lebih wangi dibanding dengan bawang Brebes.

Adapun bawang merah Brebes seperti ini. Dia lebih bulat bentuknya. Akan lebih jelas setelah kita bersihkan. Bawang merah Brebes warnanya jauh lebih merah dari bawang Sumenep dan bentuknya sedikit bulat, lebih gemuk. Jika dibuat perbandingan head to head, kurang lebih seperti ini:

Bawang merah Brebes:
- Bentuk lebih bulat
- Warna lebih merah
- Aroma tidak terlalu tajam
- Lebih basah (berair)
- Setelah digoreng, warnanya lebih kemerahan
- Lebih cocok untuk bumbu masakan

Bawang merah Sumenep:
- Bentuk lebih lonjong
- Warna lebih muda (pink)
- Aroma lebih wangi
- Lebih garing
- Setelah digoreng, warnanya lebih kuning
- Lebih cocok untuk bawang goreng




Nah, setelah mengetahui perbedaan di antara kedua jenis bawang tersebut, sekarang Anda bisa memilih bawang mana yang lebih tepat untuk masakan Anda. Atau mau coba juga bawang merah Sumenep untuk dijadikan komponen bumbu pelengkap? Boleh saja. Tergantung selera. Buat lebih jelasnya, silakan simak video berikut:


Previous Post
Next Post

6 komentar:

  1. Yang dipake produknya Bawang Goreng Ny. Emmet jenis bawang yang mana Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita pakai bawang Sumenep, Mas. Rasanya lebih maknyuss dibanding bawang Brebes. Tapi agak susah sih memang, nyarinya

      Hapus
  2. Wah, selama ini taunya bawang merah itu ya sama semua kecuali bawang bombai wkwkwkw. berarti yang dari sumenep lebih mantul kalau untuk digoreng, ya. dan untuk gulai atau bahan halus lebih ke brebes. gitu kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull.. buat digoreng, cocok bawang merah Sumenep. Kalau buat makanan basah, atau adonan, bawang merah Brebes oke :)

      Hapus
  3. Baru tahu detilnya, tahunya kalo utk di goreng paling mantep yang sumenep, lebh wangi, biasanya make bawang untuk buat bakso cara membuat bakso

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, untuk digoreng, kita juga lebih suka bawang Sumenep. Tapi kalau dibuat untuk bahan masakan, bawang Brebes oke :)

      Hapus