Resep dan Cara Masak Cobek Ikan Nila

Anda suka makan ikan? Bagus! Ikan adalah salah satu sumber protein hewani terbaik. Pasalnya, ia mengandung asam lemak tak jenuh seperti omega, yodium, selenium, fluorida, zat besi, magnesium, zinc, taurin dan coenzyme Q10.

Sebagai gambaran, kandungan omega 3 pada ikan juga jauh lebih tinggi dibanding sumber protein hewani lainnya. Ikan juga menawarkan kelebihan dibanding susu. Tak hanya sekadar protein hewani, ikan juga punya kandungan senyawa yang alami yakni PUFA, EPA dan DHA. Entah apa itu, Bang Emmet juga nggak ngerti. Tapi yang jelas, makan ikan, bagus!


Ngomong-ngomong soal ikan, kali ini Bang Emmet ingin cerita tentang ikan nila. Ya, ikan yang sebenarnya Bang Emmet agak malas makannya, karena rasanya menurut Bang Emmet kurang enak dibanding ikan mas, ternyata bisa dibikin enak. Apalagi kalau dimasak cobek seperti yang Ny. Emmet buat kali ini.

Berikut ini resep dan cara memasak cobek ikan nila a la Sunda, versi Dapur Ny. Emmet. Bagaimana caranya?

Sebelum mulai memasak, tentu kita perlu sebutkan dulu bahan-bahan membuat cobek ikan nila. Apa saja?

Resep dan bahan-bahan cobek ikan Nila:

  • 1 ekor ikan nila segar berukuran besar
  • bawang merah
  • kencur
  • terasi
  • cabe rawit
  • gula merah
  • garam
  • air hangat


Pertama-tama, sayat dulu ikannya. Tentunya setelah sisiknya dibersihkan. Setelah disayat, lumuri garam di seluruh kujur tubuh ikan tersebut. Masukkan juga garam lewat bagian perut ikan agar gurihnya terasa sampai ke dalam nantinya.

Panaskan sedikit minyak goreng. Sebenarnya, ikan masak cobek itu biasanya dibakar menggunakan arang. Tetapi opsi lain, bisa digoreng.



Masukkan ikan setelah minyak panas, goreng seperti biasa. Balik ke sisi sebelahnya jika sudah terlihat cukup matang. Balik ikan cukup sekali saja, agar tidak rusak.

Ikan nila ini sifat dagingnya lembut dan cepat matang. Jadi tidak perlu terlalu lama menggorengnya, dan juga tidak perlu sampai kering karena sejatinya, ikan masak cobek itu ikannya dibakar bukan di goreng. Setelah cukup matang, angkat ikan lalu tiriskan.

Berikutnya, goreng bawang merah dan terasi. Sebentar saja, tidak perlu sampai kering.

Pindahkan bawang ke ulekan, lalu campurkan dengan cabai, kencur, terasi, gula merah, garam. Setelah itu, ulek semua bumbu tersebut. Uleknya pun tidak perlu terlalu halus, ulek kasar saja. Tambahkan sedikit air hangat lalu ulek lagi sebentar agar rata.



Kalau sambalnya sudah dirasa cukup tercampur rata, masukkan ikan ke ulekan lalu baluri dengan bumbu sambal ulek tadi. Tekan sedikit ikan dengan ulekan agar sambalnya semakin menyerap. Kalau sudah, ikan pun sudah bisa disantap. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Kalau ingin lihat lebih jelas proses cara memasak cobek ikan nila, silakan simak di video berikut ini ya: