Resep dan Cara Memasak Sukun Goreng Istimewa

Anda sudah pernah dengar yang namanya buah sukun? Belum pernah dengar, atau perasaan pernah dengar tapi sudah mulai pikun? Anyway, buat yang belum pernah dengar sukun, buah yang satu ini kalau digoreng enaknya sampai ke jakun. Yang bener bun?

Halo, assalamualaikum temen-temen, ketemu lagi dengan Ny. Emmet yang mau masak-masak untuk Bang Emmet. Kali ini, Ny. Emmet akan menggoreng sukun istimewa untuk Bang Emmet. Kenapa istimewa? Nanti kita lihat ya.




Pertama-tama, sebelum sukunnya digoreng, tentunya kita potong-potong dulu. Boleh potong tipis tipis, potong kecil, memanjang, bulat, lingkaran atau jajaran genjang pun boleh. Bebas.

Setelah dipotong, tentunya kita harus cuci dulu sebelum digoreng. Nah, saat mencuci, rahasia pertama sukun goreng yang istimewa adalah dicuci dengan sedikit garam. Tujuannya supaya getahnya lebih mudah luntur dan sukunnya jadi lebih garing nantinya.




Setelah dicuci bersih, keringkan lalu taburkan garam secukupnya, sesuai selera. Tambahkan juga sedikit bubuk penyedap agar gurihnya lebih mantap nantinya. Setelah itu, aduk sampai rata, lalu tinggalkan sejenak supaya garam dan bumbu penyedap tadi lebih meresap ke sukunnya.

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyaknya panas, masukkan senjata rahasianya. Ya, tambahkan margarin ke dalam minyak. Tujuannya adalah agar gorengan kita nanti menjadi lebih garing, gurih dan kriuk. Jadi, resep dan bahan-bahan membuat sukun goreng istimewa ini sebenarnya adalah:

Bahan-bahan sukun goreng istimewa:

  • Buah sukun matang
  • Garam
  • Kaldu bubuk
  • Mentega
  • Minyak goreng

Oke, setelah margarin lumer dan menyampur dengan minyak goreng, masukkan sukun sampai tenggelam dalam minyak goreng. Goreng selama kurang lebih 7 sampai 10 menit, tergantung besarnya api kompor yang Anda nyalakan.

Nah, kalau sudah menguning dan garing, sukun pun siap diangkat dan disikat.

Sebagai informasi, sukun ini merupakan kudapan di sore hari yang sangat nikmat. Satu buah sukun ini baru saja Ny. Emmet beli di pasar segar seharga 15 ribu saja, dan jadinya banyak. Jatuhnya lebih murah, lebih bersih dan lebih sehat dibandingkan dengan kita beli sukun di tukang gorengan depan rumah. Lumayan kan?




Kalau Anda penasaran dengan resep dan cara membuat sukun goreng istimewa, silakan simak proses selengkapnya di video berikut. Selamat mencoba: