Resep dan Cara Membuat Cilok

Kali ini kita masih berbicara seputar cilok. Makanan yang setahu Bang Emmet asal katanya adalah aci dicolok, salah satu kudapan ringan yang lagi-lagi setahu Bang Emmet, berasal dari Bandung dan sekitarnya.

Nah, kalau kemarin kita sudah membahas tentang cara membuat isi cilok (kalau Anda belum sempat baca, bisa lihat di sini), kali ini kita akan membuat ciloknya.




Bahan-bahannya sendiri sebenarnya sangat sederhana. Inilah yang menjadi alasan kenapa cilok menjadi cemilan ringan favorit Bang Emmet dan keluarga. Apa saja?

Bahan-bahan untuk membuat cilok:

  • 600 gram tepung sagu, bisa diganti dengan tepung tapioka atau aci
  • 200 gram tempung terigu
  • garam
  • kaldu bubuk
  • merica
  • daun bawang
  • minyak goreng
  • air matang secukupnya

Pertama-tama, campurkan tepung sagu dan tepung terigu, lalu aduk sampai merata. Setelah kedua tepung tercampur rata, masukkan garam, kaldu bubuk dan merica yang sudah kita siapkan. Lanjutkan aduk sampai merata.




Setelah semuanya tercampur maksimal, tambahkan air. Sebaiknya gunakan air panas yang masih mendidih. Tujuannya, agar ciloknya nanti bentuk dan kekenyalannya sempurna. Setelah itu, lanjut aduk adonan dengan air mendidih tadi.

Sambil membuat adonan cilok, jangan lupa masak air lagi sampai mendidih untuk merebus ciloknya nanti.

Kembali ke mengaduk adonan, kalau adonan sudah tidak panas, bisa dilakukan dengan tangan. Adonan tidak perlu sampai terlalu kalis, yang penting cilok sudah bisa dibentuk.

Berikutnya, tambahkan garam dan minyak goreng ke air yang kita masak untuk merebus cilok. Garamnya satu sendok makan dan minyak goreng dua sendok makan. Tetapi komposisi ini bisa diubah, tergantung selera Anda.

Setelah itu, masukkan isi cilok ke dalam adonan cilok lalu kita bulat-bulatkan dengan tangan dan masukkan ke air mendidih sampai matang.

Kalau cilok sudah mengambang, artinya ia sudah matang. Silakan angkat lalu tempatkan dalam wadah sambil merebus cilok-cilok lainnya.




Untuk ukuran ciloknya sendiri, Anda bisa membuatnya kecil-kecil atau besar-besar, semua tergantung selera Anda.

Oke, seperti itu saja cara membuat cilok. Mudah bukan? Selamat mencoba. Untuk lebih jelasnya, lihat di video tutorial berikut ini ya: