Resep dan Cara Membuat Nasi Tutug Oncom, Masakan Khas Sunda

Kalau Anda pernah ke Bandung, Tasikmalaya, Garut, atau kawasan lainnya di dataran Sunda, Anda mungkin pernah mendengar salah satu menu makanan yang cukup terkenal di sana. Apa lagi kalau bukan nasi tutug oncom. 

Ya, nasi tutug oncom adalah kuliner favorit buat mereka yang berkunjung ke wilayah Priangan. Menu ini pun jadi makanan andalan yang wajib disantap kalau Bang Emmet pulang ke kampung halaman Ny. Emmet di Tasikmalaya.




Nasi tutug oncom sendiri punya rasa yang unik. Mungkin buat Anda yang belum terbiasa, akan terasa aneh di lidah. Akan tetapi, kalau Anda menemukan penjual tutug oncom yang pas, menu ini sangat warbyasak.

Memang, rasanya agak terlalu berat untuk dijadikan menu sarapan pagi. Tapi kalau sarapan pagi Anda agak kesiangan, ini cocok. Apalagi favorit Bang Emmet, makan dengan gorengan dan ikan asin. Saking mantapnya, kombinasi nasi tutug oncom plus gorengan dan ikan asin itu WOW, TOP BGT, GGWP, GGMU, HBD WYATB, NKOTB lah pokoknya.

Nah, kali ini, berhubung sedang masa pandemi, kita agak ragu untuk pulang kampung. Dan demi mengobati kerinduan makan nasi tutug oncom, kenapa tidak kita buat sendiri saja versi alternatifnya. Yuk kita mulai.




Resep, bahan-bahan dan cara memasak nasi tutug oncom:

  • nasi putih hangat
  • oncom Bandung
  • terasi
  • bawang merah
  • bawang putih
  • cabai
  • garam
  • kencur
  • kaldu bubuk

Pertama-tama, goreng bawang putih sebentar, sampai agak layu. Goreng juga bawang merah. Boleh diiris-iris lebih dulu, boleh juga langsung setelah dikupas. Gorengnya juga tidak perlu sampai matang, supaya rasa bawang merahnya masih ada.

Goreng juga terasi sebentar, lalu oncomnya. Nah, kenapa menu tutug oncom ini kami sebut alternatif? Pasalnya, semestinya semua bumbu-bumbu dan bahan tersebut dibakar dengan arang. Namun berhubung sedang tidak ada persediaan arang di rumah Bang Emmet, digoreng pun boleh lah.

Ok, berikutnya ulek semua bumbu yang sudah digoreng tadi sampai lembut. Setelah itu, masukkan pula oncom ke dalam ulekan bumbu-bumbu tadi. Lanjutkan ulek sampai rata. Tapi semua tergantung selera. Kalau Anda lebih suka bumbunya tidak terlalu lembut, boleh uleknya sebentar saja.

Setelah kira-kira kelembutannya sudah pas menurut selera Anda, campurkan bumbu tutug oncom tadi ke nasi panas yang sudah kita siapkan. Aduk sampai rata.




Setelah itu, nasi tutug oncom sudah siap untuk disajikan. Bersama dengan ayam goreng, kerupuk, tahu goreng ataupun bakwan, dia cocok. Dengan ikan asin, semakin cocok. Percayalah.

Buat yang ingin melihat langsung proses cara dan resep memasak nasi tutug oncom alternatif, silakan simak video berikut. Selamat mencoba.