Resep dan Cara Membuat Pepes Ikan Mas

Ikan mas merupakan ikan darat yang menjadi ikan favorit banyak orang. Ya, selain karena ia murah dan mudah didapat, ikan ini pun bisa dimasak dalam beraneka ragam masakan. Bisa digoreng, dibakar, sampai dibuat pepes ikan mas.

Favorit Bang Emmet sendiri sebenarnya goreng ikan mas. Kenapa? Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang punya duri halus yang banyak. 




Kalau dibakar atau dipepes, kita harus berhati-hati memakannya karena duri-duri halus tersebut bisa tergigit atau tertelan lalu nyangkut di tenggorokan. Kalau digoreng kering, biasanya hancur saat kita kunyah.

Akan tetapi, kali ini Ny.Emmet akan coba memasak pepes ikan mas. Lalu, agar durinya menjadi lunak, kita perlu memasaknya dengan durasi yang lebih lama. Lalu, apa sih resep dan cara memasak pepes ikan mas agar empuk? Sebelum memasak pepes ikan mas, yuk kita simak bahan-bahannya apa saja:




Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pepes ikan mas:


  • bumbu dasar (bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit)
  • cabe giling
  • tomat hijau
  • garam
  • merica
  • kaldu bubuk
  • kemangi
  • serai
  • daun salam
  • daun bawang


Nah, setelah bumbunya siap, oleskan bumbu dasar ke ikan mas yang akan kita pepes. Masukkan garam, merica dan kaldu bubuk. Oles sampai rata, dan masukkan pula ke dalam sela perut ikan mas agar lebih terasa. Oleskan pula cabe giling buat Anda yang ingin pepes ikannya pedas. Lalu aduk sampai rata.

Coba lagi rasa bumbu pepesnya apakah sudah cukup terasa atau masih kurang. Untuk rasa, sebaiknya buat sedikit asin, karena setelah dikukus, biasanya tingkat keasinannya akan sedikit berkurang. Akan tetapi, ini pun tergantung selera Anda.

Siapkan daun pisang. Sebaiknya tiga lembar agar kita bisa leluasa mengatur kelebaran penutup pepes ikannya.




Taburi seluruh sayur-sayuran lainnya di atas daun pisang, lalu tempatkan pula ikan di atasnya. Tambahkan lagi bumbu-bumbu tadi jika Anda ingin pepes ikan tadi lebih teras bumbunya atau pedasnya. Namun jika Anda tidak ingin terlalu asin atau tidak ingin terlalu pedas, bumbu yang sudah dioleskan ke ikan tadi sudah cukup, tidak perlu ditambahkan.

Setelah itu, lipat daun pisang lalu kunci dengan menancapkan tusuk gigi di ujung. Gunting ujung-ujung kemasan pepes ikan mas agar rapi dan muat di dalam panci atau presto yang kita siapkan.

Kukus ikan mas selama 1 jam. Tetapi agar pepes ikan mas tadi durinya lebih lunak, kita sebaiknya mengukusnya selama 2 jam. Tutup panci atau presto tersebut dan tunggu sampai matang.

Buat teman-teman yang ingin melihat seperti apa proses, resep dan cara memasak pepes ikan mas, silakan simak di video berikut: