Resep dan Cara Membuat Siomay Ikan Tenggiri

Anda pasti kenal dengan yang namanya siomay. Ya, makanan yang satu ini merupakan kudapan yang bergizi tinggi yang enak dinikmati hangat-hangat, baik di saat santai, ataupun sedang sibuk dan tidak sempat makan berat. 

Siomay juga bisa dinikmati saat waktunya makan, tetapi perut belum terlalu lapar.




Nah, kali ini, kita akan membahas resep dan cara membuat siomay ikan tenggiri yang enak dan mengenyangkan. Kalau makannya banyak, tentunya 😅

Oke, sebelum kita membahas lebih lanjut, berikut ini yang harus kita persiapkan.

Bahan-bahan resep dan cara membuat siomay ikan tenggiri:

  • 300gram ikan tenggiri yang sudah dibersihkan dan dihaluskan (daging ikan, tanpa kulit)
  • 300gram udang dicincang kasar supaya nanti rasa udangnya tetap ada pas digigit
  • 50gram tepung terigu
  • 250gram tepung sagu
  • 2 butir telur ayam
  • 1sdt garam, gula pasir, merica, kaldu bubuk
  • 100gram bawang merah goreng
  • 50gram bawang putih goreng
  • 3 siung bawang putih cincang dihaluskan
  • daun bawang diiris
  • 2sdm kecap asin
  • 1sdm minyak ikan
  • 1sdm kecap manis
  • 350ml air

Pertama-tama, masukkan ikan tenggiri dalam wadah, campurkan dengan udang, aduk sampai menyatu. Berikutnya, masukkan daun bawang, bawang putih goreng, bawang merah goreng, aduk adonan sampai rata. Tambahkan bawang putih yang sudah dicincang halus ke dalam adonan. Aduk lagi sampai rata.




Setelah semuanya mulai tercampur rata, tambahkan air ke dalam adonan sedikit demi sedikit supaya merata. Setelah mulai mengental kembali, masukkan garam, gula pasir, merica, kaldu bubuk.

Setelah itu, masukkan kecap asin satu sendok, minyak ikan satu sendok, aduk lagi adonan sampai rata. Setelah rata, masukkan dua butir telur ayam ke dalam adonan. Aduk lagi sampai rata.

O ya, aduknya ini lebih enak kalau pakai tangan ya. Kalau pakai mixer, nanti somaynya malah terlalu halus. Tapi ya, tergantung selera Anda sih. Kalau airnya kurang, tambahkan sedikit demi sedikit.

Berikutnya, tambahkan tepung terigu dan tepung sagu. Setelah itu, aduk lagi sampai rata. O ya, di sini, Anda bisa juga koreksi rasa. Kalau ternyata kurang garam sedikit dan kurang air sedikit, bisa ditambahkan. Tapi yang pasti, pada resep ini, total air yang Ny. Emmet siapkan adalah kurang lebih 350 mililiter.

Setelah semua ditambahkan sampai kira-kira cukup, aduk lagi sampai rata. Terakhir, masukkan kecap manis. Aduk aduk sampai rata. Kalau sudah rata dan cukup mengental, itu berarti adonan siomay pun sudah jadi.

Mencetak Siomay
Untuk membuat siomay, Anda bisa menggunakan kulit siomay yang banyak dijual di supermarket atau di pasar tradisional. Masukkan satu sendok makan adonan ke dalam kulit siomay, lalu lipat. 

Sedikit tips, Anda bisa menggunakan mangkok kecil yang biasa digunakan untuk membuat cetakan agar somay Anda bentuknya bagus nantinya. Kalau Anda tidak punya kulit siomay, Anda juga bisa menggunakan cetakan tersebut untuk membuat siomay-nya.

Setelah siomay sudah dibentuk, masukkan ke dalam panci lalu tutup dan kukus siomay tersebut selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, siomay siap disajikan.

Untuk siomay tahu, Anda bisa menggunakan tahu kuning atau tahu putih, bebas. Caranya, belah tahu lalu dengan menggunakan sendok, keluarkan isi tahu tersebut. Lalu ganti isi tahu dengan adonan siomay yang sudah kita buat.

Sama juga dengan paria atau pare. Setelah pare dipotong-potong, keluarkan isinya dan kita ganti dengan adonan siomay tadi. Sedikit tips, cuci terlebih dahulu pare-nya dengan garam agar rasanya nanti tidak terlalu pahit.




Sama seperti siomay tadi, kukus siomay tahu dan siomay pare selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, siomay pun siap disajikan.

Buat Anda yang ingin melihat langsung proses resep dan cara membuat siomay ikan tenggiri, simak video berikut ini. Selamat mencoba: