Resep dan Cara Membuat Tekwan Ikan Tenggiri

Tekwan. Siapa yang tidak kenal ini makanan. Masakan asal Palembang tersebut menjadi salah satu makanan yang paling sering dibuat oleh Ny. Emmet kalau mau ada hajatan, arisan, ataupun kumpul-kumpul untuk makan-makan.

Saking enaknya tekwan a la Ny. Emmet, sampai-sampai teman-teman atau keluarga, bolak-balik pesan untuk membuatkan tekwan a la Ny. Emmet. Padahal, Ny. Emmet asli Tasik, dan belum lama ini saja belajar bikin tekwan.




Nah, kalau Anda ingin mencoba membuat tekwan sendiri di rumah, berikut ini cara membuat dan memasak biji tekwan dari bahan ikan tenggiri. Sebelum membuatnya, berikut ini apa-apa saja yang Anda butuhkan.



Bahan-bahan membuat tekwan ikan tenggiri:

  • 1kg ikan tenggiri (sudah digiling)
  • 1kg tepung sagu
  • 300gr udang (sudah dibersihkan dan dicincang)
  • kaldu bubuk
  • garam
  • 500cc air es
  • 6 putih telur (tidak perlu kuning telurnya)

Pertama, campurkan sedikit air es ke garam. Aduk lalu masukkan garam ke dalam adonan ikan tenggiri kita sampai rata. Sambil ngadonin, kita didihkan air.

O iya, jangan lupa, cuci tangan dulu ya, sebelum masak. Karena rahasia bikin tekwan yang enak adalah adonannya diaduk pakai tangan dan pakai air es. Dingin dong bang, ya memang. Tapi di situ kuncinya.




Sambil diaduk, masukkan juga kaldu bubuk ke dalam adonan ikan tenggiri kita. Aduk lagi sampai rata. Berikutnya, masukkan putih telur ke dalam adonan ikan tenggiri kita. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diduk sampai rata. Kalau sudah, masukkan udang cincang ke dalam adonan tenggiri. Lagi-lagi, aduk sampai rata.

Kalau sudah rata, masukkan es batu yang sudah diserut ke dalam adonan ikan tenggiri dan udang kita tadi. Dingin dong bang? Iya. Tapi, seperti sudah disebutkan tadi, ini kunci rahasia bikin tekwan ikan tenggiri anti gagal.

Setelah rata, masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit ke dalam adonan ikan tenggiri. Aduk lagi sampai rata. Kalau sudah mulai rata, tambahkan lagi tepung sagunya ke dalam, lalu aduk sampai rata. Lakukan terus sampai Anda gempor. Eh, maksudnya, sampai semua tepung sagunya masuk.

O ya, rahasia berikutnya, supaya tekwan kita kenyalnya pas, rasio ikan tenggiri dan tepungnya harus kudu wajib 1 banding 1. Maksudnya, kalau punya ikan tenggiri 2 kilo, kita pakai tepung sagu 2 kilo, dan seterusnya.

Lalu, mengaduk dengan tangan juga akan menghasilkan adonan tekwan yang lebih pas dibandingkan dengan mengaduk dengan mixer. Kalau dengan mixer, kontur adonannya akan menjadi halus, sementara kalau pakai tangan, teksturnya masih akan terasa. Oke, aduk terus sampai adonan kita mulai mengental dan air yang kita panaskan sudah mulai mendidih.

Berikutnya, mari kita buat biji tekwan-nya. Untuk mencetaknya, cara paling mudah adalah kita ambil adonan dengan sendok, kita bulat-bulatkan, lalu kita cemplungkan ke dalam air mendidih tadi. Kalau dia sudah mengambang, artinya dia sudah matang.

Untuk ukuran biji tekwan-nya juga tergantung selera. Kalau teman-teman suka ukuran biji yang lebih besar, ambil setengah sendok makan. Kalau ingin kecil-kecil, bentuk bijinya dengan mengambil pakai sendok teh. Rebus adonan sampai selesai. Jangan ada yang disisakan, soalnya adonannya nggak enak kalau tidak langsung dimasak.




Nah, ini dia tekwan yang sudah jadi. Biji-bijinya seukuran setengah sendok teh. Kenyalnya pas dan teksturnya masih dapat. Untuk bumbunya, kalau Anda rasa masih kurang garam atau kurang penyedap, bisa ditambahkan saat Anda mengaduk ikan tenggiri tadi. Selamat mencoba!

Buat Anda yang ingin melihat langsung proses cara pembuatan tekwan ikan tenggiri, silakan simak video berikut ini. Selamat mencoba!