Berkat BARDI, Bang Emmet Sang Pelancong Makin Betah Ngamar

Pandemi Covid-19, yang membuat Bang Emmet terpaksa ngapa-ngapain di rumah sejak Februari lalu, sampai sekarang, cukup membuat frustasi. Kepingin juga sih, Bang Emmet ikut-ikutan orang-orang yang katanya setres, butuh piknik dan pergi kesana-kemari tanpa mempedulikan pandemi. 

Tapi Bang Emmet tidak memilih jalan ini. Bang Emmet lebih memilih untuk di rumah, menikmati pandemi, dan membuat rumah menjadi nyaman untuk ditinggali setiap hari. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan smart bulb dari BARDI. Ceritanya begini.


Sejak kantor Bang Emmet memutuskan untuk Work From Home untuk staf yang tidak punya urgensi untuk ke kantor ataupun bertemu dengan klien, kamar tidur langsung berubah menjadi pusat kehidupan sehari-hari.

 
Ya, sejak bangun tidur sampai mau tidur lagi, hampir semua aktivitas dilakukan di kamar. Kecuali, MCK tentunya.

Makan? Bisa di kamar. Masak? Yaa bisa digeser ke depan kamar. Sebagai contoh, saking magernya, Bang Emmet dan Ny. Emmet beli peralatan masak portabel supaya nggak usah ke dapur. 

Lebih mager lagi, rak display seperti di minimarket pun kita beli, kita isi penuh dengan aneka jajanan lalu ditempatkan di depan kamar. Dahsyat kan, Corona? Mengubah 180 derajat Bang Emmet Sang Pelancong menjadi Bang Emmet Tukang Ngamar 😝

Nah, setelah ngamar sekitar setahun kurang sebulan ini Bang Emmet mulai berpikir. Bosan juga ya lama-lama. Gimana caranya supaya mereduksi kebosanan ngamar supaya betah setahun ke depan nggak usah jauh-jauh dari kamar?

BARDI Smart Bulb 9W-RGBWW
Sejak beberapa waktu lalu, lini masa teman-teman Bang Emmet ramai membicarakan produk BARDI Smarthome. Ada banyak perangkat-perangkat yang sangat menarik untuk digunakan supaya membuat rumah kita menjadi lebih pintar, terkontrol dan mudah diawasi dengan teknologi modern. Sebagai contoh, misalnya Smart Lights, Smart Pet Series dan Smart Security System.

Tapi ada satu produk yang pas banget buat Bang Emmet Tukang Ngamar. BARDI Smart Bulb, salah satunya tipe 9W-RGBWW. Kenapa begitu?


Buat yang belum pernah dengar, perangkat-perangkat BARDI merupakan produk Powered by Tuya, sebuah produsen perangkat Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) terkemuka dunia. Produk untuk rumah pintar yang dihadirkan juga sudah mendukung perintah suara dengan Amazon Alexa, Google Assistant dan Apple Siri.

Nah, BARDI Smart Bulb 9W-RGBWW ini merupakan sebuah bohlam pintar yang bisa diubah-ubah warnanya, dan diatur tingkat kecerahan cahayanya dari jarak jauh. Ia punya tingkat kecerahan maksimal 900 lumens dan bisa diredupkan hingga 90 lumens.

Lewat software Smart Life, yang bisa di-download gratis dari Google Play ataupun Apple AppStore, kita bisa melakukan banyak sekali kustomisasi. Ya, ia bisa personalisasi lewat software yang diinstalasikan di smartphone, apapun mereknya, asalkan terhubung ke wifi ataupun hotspot.

Nah, ini dia.
 

Kombinasi warna yang bisa dipancarkan oleh bohlam cerdas ini mencapai 16 juta warna. Opsi gradasi warna putihnya pun bisa mulai dari 2700K (putih agak kekuningan) hingga 6500K (putih yang agak kebiruan). Dan seperti halnya bohlam lampu biasa, ia pun cocok dipasang di fitting lampu standar Indonesia yakni ulir E27.

Yang sangat menarik buat Bang Emmet adalah 16 juta warna RGB-nya, dan pengaturan warnanya yang bisa dilakukan lewat software dan secara remote. Hmm... sounds familiar? RGB? Remote control? Armoury Crate? #eh 😏

Langsung saja Bang Emmet cari-cari informasinya. Ternyata, lampu BARDI Smart Bulb 9W-RGBWW ini cukup terjangkau, hanya Rp115 ribu saja dan bisa dibeli secara online di seluruh e-commerce terkemuka di Indonesia. Ada garansinya pula, 1 tahun. Menarik.


Ada juga versi yang lebih terang, yakni BARDI Smart Bulb 12W-RGBWW, harganya Rp125 ribu. Tapi berhubung belum pernah coba, Bang Emmet coba yang 9W dulu saja deh. O ya, buat yang ingin coba juga seperti Bang Emmet, bisa langsung mendapatkannya di sini.
 
Oke, setelah produknya datang - kali ini Bang Emmet mendapatkannya di Bukalapak dan dikirim via Sicepat - gak pake lama Bang Emmet langsung pasang dan coba gunakan. 


Tenang saja, buat yang newbie, sama. Bang Emmet juga seumur-umur baru sekali ini nyobain lampu cerdas. Ternyata di dalam paket penjualannya ada buku petunjuk yang cukup menjelaskan.

Begini caranya:

  • Pertama-tama, download dan instalasikan software Smart Life dari Google Playstore karena Bang Emmet menggunakan hape Android (yang ada RGB-nya juga)
  • Setelah itu, registrasi dengan masukkan regional kita (Indonesia), lalu masukkan email dan buat password untuk login ke aplikasinya.
  • Berikutnya, tambahkan perangkat BARDI Smart Bulb agar bisa kita personalisasi dan kontrol dari jarak jauh. Klik saja di bagian Add Manually > Lighting >  Light Source (BLE + Wi-Fi)
  • Pasang bohlam lalu nyalakan dan matikan sebanyak 3x setelah itu cek, apakah setelah 3x proses nyala mati lalu dinyalakan ia berkelap-kelip cepat
  • Kalau sudah, beri centang di Confirm the light is blinking rapidly lalu klik Next.
  • Koneksikan lampu dan smartphone ke jaringan WiFi di rumah Anda lalu tekan Next. Tunggu sebentar sampai proses penyambungan bohlam dan smartphone selesai dilakukan.

Nah, kalau sudah selesai, maka lampu sudah bisa digunakan dan dipersonalisasi sesuai keinginan.



Selesai. Sekarang Bang Emmet punya sudut kerja di kamar yang jadi jauh lebih menarik dibanding sebelumnya. Dibandingkan dengan menggunakan bohlam biasa, bohlam ini tentunya lebih menyenangkan untuk dipakai.


Kalau Bang Emmet sedang butuh warna putih terang, tinggal set opsi warna ke White. Di warna putih inipun, putihnya masih bisa diatur. Ingin putih terang ataupun putih redup agak kekuningan. Tingkat kecerahan lampunya juga bisa diatur.

Saat Bang Emmet sedang ingin fokus, serius (baca: bermain game), tentunya Bang Emmet ingin suasana kamar yang redup namun dengan lampu nuansa gamers. Ya, kita bisa atur warna BARDI Smart Bulb 9W ini ke arah merah, atau biru sesuai selera.

Ingin warnanya kelap kelip berganti-ganti supaya keren seperti lighting milik laptop Bang Emmet? Bisa juga diset ke opsi Scene. Di sini Anda bisa mengatur warna-warninya apa saja, seberapa terang, seberapa cepat dia berpindah warna dan seterusnya. Atau ingin lampunya mengikuti hentakan musik, bisa juga. Dan serunya, semua bisa dijadwalkan secara otomatis.

Uniknya juga, karena pengaturan lampu ini berdasarkan aplikasi dan terhubung secara WiFi, Anda bisa menggunakan dua smartphone untuk mengaturnya. Jadi, kalau Bang Emmet kebetulan harus ke kantor dan Ny.Emmet mau set lampunya ke warna yang lebih warm, bisa juga dari smartphone Ny.Emmet diaturnya. Seru kan?

BARDI Smart IR Remote 10M - BLK
O ya. Bukan cuma smart bulb, Bang Emmet juga menjajal perangkat unik yakni remote control infra red yang unik dari BARDI, yakni IR Remote 10M - BLK.

Perangkat yang satu ini merupakan pemancar infra red cerdas yang bisa dikendalikan lewat aplikasi yang sama seperti bohlam cerdas di atas, asalkan terhubung ke wifi ataupun hotspot yang sama.

Yang menarik, remote ini bisa menggantikan remote infra red perangkat elektronik umum yang ada di pasaran. Meski begitu, kalau ia tidak ada dalam daftar pada aplikasinya, pengguna juga bisa menduplikasi sinyal infra red dari remote lama ke remote BARDI ini. Misal, kalau remote control Anda sudah mulai rusak. Atau kalau sering berebut remote dan disembunyikan anak atau keponakan, nah ini solusinya.

Menariknya, dibanding remote biasa, BARDI IR Remote 10M - BLK ini memiliki sudut pancar hingga 360 derajat dengan jarak hingga 10 meter. Asalkan pereangkat yang ingin dikontrol berada dalam jarak tersebut dan line of sight (LOS) alias tegak lurus di garis pandang dengan remote infra merah ini, semua bisa diatur.

Cara pemasangannya pun mudah sekali. Anda cukup menghubungkan IR Remote ke colokan listrik (menggunakan adaptor yang sudah tersedia di paket penjualannya), instalasikan aplikasi atau tambahkan ke daftar perangkat di aplikasi yang sudah Anda miliki, maka ia pun bisa langsung berfungsi dan digunakan.

Nah, hadirnya dua perangkat dari BARDI ini di rumah Bang Emmet yang kini sudah semakin smart, kemungkinan akan membuat Bang Emmet jadi semakin malas mencari Covid-19 hiburan di luar. #DiRumahAja lah.

Inginnya sih, pandemi segera berakhir. Tapi kalau nggak berakhir-berakhir juga, yaa lanjut rebahan aja lah. Toh di kamar pun sekarang bisa ajeb-ajeb.