Soto Ayam Enak di Jakarta Barat, Soto Ambengan Cak To Asli Suroboyo

Pagi ini Bang Emmet dan nyonya sebenernya pengin nyari bubur ayam. Tapi apa boleh dikata. Bubur Ayam Ato langganan deket rumah tutup. Bubur ayam di pasar Puri Indah udah kehabisan. Alhasil, kita nyari alternatif lain. Searching punya searching, akhirnya kita pilih Soto Ayam Ambengan Cak To Asli Suroboyo.

Soto ayam yang satu ini posisinya persis di gerbang komplek BPPT, Srengseng, Jakarta Barat. Dan menurut rekan Ny. Emmet yang tinggal di kompleks itu, yang asli orang Surabaya, soto ayam yang satu ini sangat recommended. Jadi makin penasaran kan?


Alhasil, mampirlah kita ke sana. Untungnya di sebelahnya persis ada Indomaret, jadi kita bisa parkir di situ dan nggak ngalangin orang mau keluar masuk kompleks. Untungnya juga masih pagi dan belum banyak orang yang ke Indomaretnya. Anyway, berikut ini penampakan Soto Ayam Ambengan Cak To Asli Suroboyo:

Dari sisi penampilan, soto ayam ini ya sama saja seperti soto ayam pada umumnya. Buat yang pesan pakai nasi, bisa dicampur atau dipisah. Berhubung males repot, Bang Emmet pesen dicampur aja lah. Toh di perut juga nanti nyampur semua.


Untuk kelengkapannya sendiri, soto ini cukup komplit. Tapi ya, kurang lebih juga sama seperti soto ayam pada umumnya. Ada telor rebus yang dipotong-potong, ada ayam, ada kulit ayam, bihun, daun bawang dan seterusnya.

Porsinya? Yaa buat sarapan, cukup lah ya. Untuk ukuran Bang Emmet sih, jujur saja nggak kenyang. Tapi kan kata Nabi, makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang. Tapi namanya rejeki, kalau kita banyak-banyak do'a pasti dapat lebihan. Buktinya, Bang Emmet dapat lebihan nasi dari Nyonyah yang emang gak makan nasi banyak-banyak 😋

Bagaimana soal rasanya? Nah ini. Menurut mulut Bang Emmet, soto ayam yang satu ini boleh lah. Rasa bumbunya, pas sesuai ekspektasi Bang Emmet. Taburan koya, yang kerap menjadi kunci mengapa soto ayam bisa menjadi sangat lezat, yang di sini kita bisa tambahkan sendiri, juga nggak bikin Bang Emmet gatal-gatal.

Padahal, seperti diketahui, kalau Bang Emmet makan soto ayam di tempat lain dan pakai koya, nggak pakai lama, langsung terasa gatal-gatal. Aneh juga. Padahal Bang Emmet paling alergi sama yang namanya udang dan turunannya.

Terakhir, urusan harga. Satu porsi soto ayam biasa ini harganya Rp15.000. Tambah nasi putih satu porsi Rp4.000. Teh tawar hangat, gratis. Yaa untuk Rp19 ribu, Soto Ayam Ambengan Cak To Asli Suroboyo ini recommended. Next time balik lagi? Kalau lagi kepengen nyari soto ayam pagi-pagi sih, pasti masuk dalam daftar di papan atas.

Soto Ayam Ambengan Cak To Asli Suroboyo
11 Maret 2021
Soto Ayam Biasa + Nasi Putih
Rp19.000

Rating:
4.0 - Porsi
4.5 - Rasa
4.0 - Penyajian
4.0 - Harga
4.1 - Overall