07 April 2021

Manfaat Smartphone yang Bisa Membuat Penggunanya Menjadi Lebih Smart

Siapa sih yang tidak menggunakan smartphone saat ini? Di zaman modern seperti saat ini, smartphone sudah tidak bisa lagi terlepas dari kehidupan manusia. Khususnya mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Beraneka ragam aktivitas dan pekerjaan, mulai dari yang kita lakukan sejak bangun tidur di pagi hari sampai menjelang tidur lagi di malam hari, banyak yang dilakukan di smartphone. Atau minimal dengan bantuan smartphone.


Tak hanya para pebisnis yang banyak berkomunikasi dan berkolaborasi dengan rekan serta mitranya secara online ataupun messaging via smartphone, pelajar dan mahasiswa pun kini beraktivitas dengan smartphone. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini.

Proses pembelajaran jarak jauh dilakukan tak hanya dari sekolah dasar, akan tetapi sampai ke jenjang pendidikan tinggi pun terpaksa dilakukan secara daring, dan salah satunya memanfaatkan smartphone.

Lalu, apakah penggunaan smartphone hanya dilakukan untuk pekerjaan ataupun urusan pelajaran? Apakah tidak bisa smartphone digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, seperti mengerjakan hobby misalnya?

Tentu saja bisa.

Bermain game? Tentu saja. Smartphone saat ini banyak yang sudah memiliki kemampuan tinggi untuk menjalankan beraneka ragam game. Bahkan model yang harganya terjangkau pun sudah bisa untuk melakukannya.

Lalu, apa cuma game? Tentu saja tidak.


Anda yang punya hobby membaca, misalnya. Tentu bisa memanfaatkan smartphone sebagai media baca. Misalnya untuk membaca berita di website internet, membaca artikel terkait ilmu pengetahuan dan sains di portal-portal seperti National Geographic, NASA dan seterusnya, sampai membaca e-book yang bisa dibeli atau dibaca dari aplikasi-aplikasi digital di toko aplikasi Google ataupun Apple.

Anda yang gemar menyaksikan video ataupun film juga bisa memanfaatkan smartphone untuk menikmati konten multimedia tersebut. Misalnya dari YouTube, Vimeo, DailyMotion, sampai ke Netflix, bisa jadi acuan untuk menikmati konten-konten video ataupun film berkualitas.

Buat Anda yang punya hobby menulis juga tentu dapat memanfaatkan smartphone untuk mencurahkan buah pikiran Anda. Menulis diary lalu disimpan di smartphone? Bisa, tetapi itu tentunya kurang bermanfaat. Akan lebih baik kalau ide-ide atau tips yang Anda miliki dibagikan ke orang lain agar membawa lebih banyak manfaat.

Contohnya seperti konten artikel yang dibuat Assyfa Putri Azzahra di https://assyfa.id. Konten-konten yang sangat menarik, mulai dari bisnis, pemasaran dan konten terkait hal-hal berbau teknologi dan tips bisa dibuat draftnya dengan memanfaatkan smartphone.

Website yang relatif baru dibuat ini tampaknya menggambarkan semangat pemiliknya untuk menuangkan informasi dan membagikan banyak hal yang sangat bermanfaat di bidang-bidang tersebut untuk seluruh pengguna internet, termasuk saya dan juga mungkin Anda.

Tak hanya sekadar membuat draft, kita juga bahkan bisa mengunggah konten atau artikel yang sudah kita buat dengan smartphone tersebut ke website kita. Langsung dari smartphone yang bersangkutan. Jadi tidak ada alasan kita tidak bisa produktif menulis karena kita sedang tidak di depan layar komputer ataupun tidak membawa laptop kita saat kita sedang bepergian.

Dengan smartphone, kapan pun dan di manapun ide terlintas, kita bisa mencatatnya atau bahkan mulai menuliskannya di gadget tersebut. Dan kalau kebetulan kita ada koneksi internet, langsung saja upload ke website kita.


Ayo, sekarang, siapa yang masih berpikiran bahwa smartphone hanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hobby yang hanya memuaskan diri sendiri? Kalau seperti contoh Assyfa di atas, smartphone bisa membuat penggunanya, dan bahkan orang lain pun, menjadi lebih smart bukan?

Yuk, bijak menggunakan smartphone. Lain kali, kita akan membahas hal berfaedah lain yang bisa kita lakukan dengan smartphone. Ditunggu ya!

Latest
Next Post

0 comments: