Niat Puasa Sunnah Senin Kamis

Di hari Senin ini dan Kamis nanti, umat Islam kerap menjalankan ibadah puasa Senin - Kamis. Amalan ibadah puasa Senin - Kamis sendiri sudah dicontohkan langsung oleh Rasulullah, Muhammad shalallahu alaihi wassalam.

 

Seperti tertuang dalam hadits tentang puasa Senin - Kamis riwayat At Tirmidzi: "Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa," hadis riwayat At Tarmidzi.

 

Nah, berhubung pandemi, belum ada tanda-tanda untuk segera berakhir malah semakin memburuk, Bang Emmet nggak bisa kemana-mana. Kerja pun dari rumah Kalau sudah gitu, mending kita puasa Senin-Kamis saja sekalian, betul gak?



Nah, buat yang ingin menjalankan ibadah puasa Senin – Kamis, berikut ini Niat Puasa Senin:


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

 

"Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala”.

 

Arti niat puasa Senin: “Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah ta'ala"


Niat puasa Senin, keutamaan, hikmah bagi orang yang melakukan puasa Senin Kamis adalah dibukanya pintu surga Ar-Rayyan. Dan seperti sudah disebutkan dalam hadits di atas, amalan manusia juga diperiksa pada kedua hari ini.

 

Tak hanya itu, pahala puasa Senin dan Kamis juga sangat dipertimbangkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

 

Untuk hari Kamis-nya, buat yang ingin menggenapkan puasa Senin – Kamis, berikut ini Niat Puasa Kamis:


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى


“Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala”.


Arti niat puasa Kamis: “Saya niat puasa hari Kamis, sunah karena Allah ta’ala”


Yang menarik, berdasarkan sejumlah penelitian, puasa sesekali seperti yang dilakukan saat puasa sunah Senin Kamis ternyata menawarkan sejumlah manfaat sehat.

 

Sebagai contoh, beberapa manfaat puasa sesekali seperti Senin – Kamis adalah dapat membantu mengatasi jerawat, menurunkan risiko diabetes, menjauhkan darah tinggi dan sejumlah manfaat lainnya.

 

Buat Bang Emmet sih, ada manfaat ekstra: nggak usah keluar duit untuk beli makan, dan bisa memperlambat proses pertumbuhan berat badan. Hitung-hitung sekalian ibadah, sekalian hemat, sekalian sehat. Lumayan kan?