4 Tips Optimalkan Social Media Marketing untuk Bisnis Baru

Sumber: freepik.com

Setiap jenis bisnis baru yang muncul dari ide-ide kreatif biasanya akan menggunakan social media marketing sebagai salah satu aktivitas pemasaran paling diandalkan. Bukan hanya karena cost-nya yang cenderung lebih masuk akal untuk bisnis baru, namun juga potensi yang dimiliki cara ini demikian besar sehingga sayang sekali jika tidak dimanfaatkan.

Meski demikian, menemukan pola yang tepat untuk digunakan dalam aktivitas pemasaran menggunakan media sosial juga bukan perkara mudah. Maka dari itu, kami akan sajikan beberapa tips sukses untuk Anda, yang ingin menggunakan social media marketing sebagai aktivitas pemasaran utamanya.

Riset, Riset, Riset!

Sumber: freepik.com

Ketika hasil riset sudah didapatkan maka penyusunan strategi dan langkah-langkah riil dapat lebih baik. Dasar yang kuat dan ide cemerlang, kombinasi efektif untuk menyusun taktik pemasaran menggunakan sosial media yang sempurna.Sepertinya memang membosankan, tapi semua strategi yang jitu selalu dibangun berdasarkan hasil riset yang baik. Dengan riset, baik riset pasar, riset kompetitor, dan riset pelanggan, maka Anda akan mendapatkan data riil mengenai bagaimana kondisi terkini dari ketiga hal tersebut.

Riset ini nantinya bisa menghasilan rekomendasi mengenai pemilih media sosial yang digunakan, jadwal posting, jenis konten yang diunggah, tone dari konten, persona akun yang digunakan, serta hubungan yang akan dibentuk dengan pelanggan atau segmen pasar bisnis Anda. Tak lupa, segmen pasar paling potensial yang sekarang ini dimiliki.

Tujuan Jelas, Tahap Demi Tahap

Apa yang jadi tujuan Anda saat menggunakan social media marketing guna mengembangkan bisnis? Pencarian pelanggan baru? Meningkatkan loyalitas pelanggan? Meningkatkan traffic situs yang Anda miliki? Atau meningkatkan brand awareness?

Anda wajib memiliki tujuan yang jelas, atau setidaknya prioritas tujuan yang jelas. Dengan memiliki prioritas, Anda bisa memfokuskan usaha untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga mempertimbangkan pengeluaran biaya yang diperlukan dalam meraih tujuan.

Apakah tidak bisa mendapatkan semua dalam satu waktu?

Bukan tidak bisa, namun memerlukan usaha dan dana yang tidak sedikit, serta keberuntungan yang baik. Untuk bisnis skala kecil atau baru tahap awal, menentukan satu tujuan saja sudah cukup. Satu goal untuk satu waktu, jadi usaha yang dilakukan bisa lebih fokus dan hasilnya akan lebih optimal.

Konten yang Pas untuk Social Media Marketing

Sumber: freepik.com

Social media marketing tak akan jauh dari urusan konten yang diunggah pada akun atau ruang yang Anda miliki. Tentu saja, semua orang akan mengatakan hal serupa, yakni membuat konten yang relevan dan menarik untuk segmen pasar Anda. Tapi yang seperti apa?

Konten yang relevan dan menarik adalah konten yang tak hanya berdasarkan imajinasi, tapi juga data yang didapatkan dari riset pada poin pertama tadi. Kreativitas memang diperlukan dalam menyusun konten grafis dan copy yang menarik. Namun tanpa data dari riset, hal ini akan menjadi upaya yang sia-sia dan tidak memiliki acuan jelas.

Anda bisa mendapatkan insight sangat berguna dari riset kompetitor, riset segmen pasar, dan riset sejenis. Dari insight ini bisa didapatkan data untuk dilanjutkan ke proses kreatif, sehingga menghasilkan konten yang benar-benar menarik namun tetap relevan tanpa kehilangan poin utama dari unggahan tersebut.

Jangan Lupa Waktu Unggahan yang Tepat Pula

Setiap media sosial memiliki ‘iklim’-nya masing-masing sehingga memerlukan treatment yang berbeda. Tak hanya terkait materi unggahan atau konten saja, namun juga waktu terbaik untuk mengunggah konten tersebut.

Waktu terbaik ini biasanya mengacu pada kebiasaan mayoritas pengguna media sosial dalam membuka media sosial yang dimilikinya. Misalnya, untuk Twitter waktu terbaik posting adalah pukul 13.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB, sedangkan waktu yang tidak direkomendasikan adalah pukul 20.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Hal tersebut karena Twitter merupakan media yang tepat untuk mengunggah konten berupa copy singkat, menarik, atau link pancingan ke artikel atau konten lain yang ringan. Pada jam terbaik, mayoritas pengguna akan membukanya untuk mendapatkan asupan konten ringan harian, dan jika terlalu berat bisa disimpan untuk waktu lain.

Dalam menerapkan tips social media marketing di atas, Anda juga harus mempertimbangkannya dengan tim yang Anda miliki. Atau setidaknya, harus disesuaikan dengan produk dari bisnis Anda sehingga bisa benar-benar berjalan efektif dan efisien.

Pemanfaatan media sosial dalam aktivitas pemasaran memang terus meningkat trennya, karena dinilai bisa memberikan dampak yang cepat dengan budget yang lebih masuk akal untuk bisnis yang baru dibangun. Kecuali jika Anda memang memiliki modal besar, media sosial akan jadi satu kanal pemasaran terbaik yang bisa Anda optimalkan.

Penerapan social media marketing untuk aktivitas pemasaran bisnis baru memang sangat menggiurkan, terlebih jika bisa benar-benar dioptimalkan. Senada dengan hal tersebut, bisnis Anda juga pasti memerlukan pengelolaan pembayaran online yang handal. Jokul by DOKU, akan jadi pilihan tepat untuk membantu Anda mengelola pembayaran online. Dengan proses yang cepat, efektif, serta efisien, tak hanya pelanggan akan merasakan kemudahan dalam pembayaran namun juga Anda akan mendapatkan benefit dalam pencatatan transaksi secara detail. Urusan pembukuan jadi lebih simpel, dengan Jokul.