Nasi Tutug Oncom Kalektoran, Tasikmalaya

Nasi tutug oncom merupakan menu wajib kalau Bang Emmet pulang ke kampung Ny. Emmet di Tasikmalaya. Nah, untuk nasi TO alias nasi Tutug Oncom, di Tasikmalaya, yang paling terkenal adalah Nasi Tutug Oncom Kalektoran.

Warung nasi yang satu ini sangat sederhana, tidak besar, tetapi selalu ramai. Apalagi kalau musim liburan dan musim pulang kampung, kalau nggak datang pagi-pagi, siap-siap saja kehabisan. 

Alhasil, kadang kita nitip ke saudara yang tinggal dekat sana untuk belikan. Atau kalau lagi pengen makan di tempat, kita langsung sambangi saja warungnya yang tidak buka cabang di mana-mana ini. Tapi ya harus sepagi mungkin. Jam 6 misalnya.

Untungnya, kali ini Bang Emmet ke sana bukan di musim liburan ataupun lebaran. Cuma akhir pekan biasa saja. Selain itu, kondisi pagi itu di Tasik lagi hujan rintik-rintik, yang bikin selimut bermotif batik semakin menarik untuk ditarik. Kikikik.

Sampai TKP, kondisinya sedang tidak terlalu ramai. Jadi setelah pesan nasi tutug untuk 2 orang, kita langsung pilih-pilih menu topping dan geser ke tempat duduk.

Ada banyak side menu tambahan yang disediakan di warung Nasi Tutug Oncom Kalektoran. Berhubung Bang Emmet agak kesiangan, ya sudah pada mau habis. Tapi intinya, ada tahu goreng, ayam goreng, mendoan tempe, ikan asin, bakwan, tempe goreng biasa dan telur mata sapi. 

Berhubung lapar, langsung saja bergeser itu ayam goreng, cipe (aci tempe) dan bala-bala (bakwan sayur) sebagai topping, cieh topping, yang Bang Emmet dan Ny. Emmet pilih. 

Itu laper apa gimana Bang? Banyak amat? Iye, laper berat. Maklum, cuaca cerah aja udah dingin, ditambah rintik-rintik pula. Cacing di perut makin menggelitik rasanya.

Nah, enaknya, nasi uduk Kalektoran ini menyediakan dua macam sambal. Yang satunya sambal cengek yang pedasnya ekstra, yang satunya sambal goreng biasa yang level pedesnya nggak terlalu terasa. Tapi tetap, rasanya, istimewa, ha ha.

Nah ini dia nasi tutug oncomnya. Buat Bang Emmet, nasi tutug oncom yang paling bener itu ya di sini. Campuran nasi dan oncomnya pas. Entah kenapa, rasa oncomnya juga kayak beda dengan oncom yang biasa kita beli di pasar. 

Entah memang dia custom made, atau hanya sensasinya saja? Kurang tau juga. Yang pasti, nasi tutug oncom + mendoan + ikan asin itu ultimate-nya ya di sini. Belum nemu yang lebih enak lagi dari yang di Kalektoran.

Sebagai gambaran, Bang Emmet pernah coba makan tutug oncom di Bandung, misalnya. Rasanya ada yang kurang. Pas Ny. Emmet bikin sendiri, enak sih, tapi taste-nya belum sampai di level ini. 

Di Nasi Tutug Oncom Kalektoran, satu porsinya memang kecil. Yaa namanya juga buat sarapan. Tapi kalau Ny. Emmet sih, kadang segini juga nggak habis, jadi Bang Emmet dapat porsi ekstra. Lumayan. Apalagi kalau selesai makan dan kita bayar-bayar. Harganya pasti bikin senyum makin lebar.

Recommended? Highly. Balik lagi ke sini? So pasti!

Nasi Tutug Oncom Kalektoran - Tasikmalaya
13 September 2021
Nasi Tutug Oncom
Rp7.000

Rating:
4 - Porsi
5 - Rasa
4 - Penyajian
5 - Harga
4.5 Overall