Tips Memilih Rumah Pertama untuk Keluarga Muda

Sejak saya kecil, dan selama masa remaja, saya selalu memimpikan, punya rumah sendiri. Ada yang masih ingat kalimat ini? Saya masih ingat persis. 

Sebenarnya saya lupa kalimat itu berasal dari iklan TVC apa. Tetapi karena dulu iklan tersebut sering muncul saat saya masih kecil, di kisaran tahun 1990-an yang lalu, kalimat itu kemudian terus tertanam dan mengendap di benak seumur hidup saya. Luar biasa bukan?

Nah, ada hubungannya dengan kalimat tersebut, kata-kata: mimpi punya rumah sendiri, ternyata memang benar adanya. Saya pun mengalaminya. Memiliki rumah sendiri merupakan impian saya, apalagi setelah berkeluarga.

Nah, buat Anda yang sedang mencari dan memilih rumah pertama, khususnya untuk para pengantin baru, meskipun saya juga masih pengantin baru (baru 18 tahun maksudnya), berikut ini beberapa tips dari saya. 

www.mustikavillagesukamulya.com

Perlu dicatat, tips ini merupakan opini dan pengalaman pribadi. Belum tentu cara atau pengalaman yang saya rasakan cocok juga untuk semua keluarga muda. Akan tetapi, tetap saya share saja di sini, siapa tau bermanfaat untuk 1-2 orang. Ok, apa saja?

Tips Memilih Rumah Pertama untuk Keluarga Muda

Lokasi
Aspek ini merupakan faktor yang sangat esensial. Mengapa? Anda harus memilih rumah dengan lokasi yang terdekat dengan tempat kerja atau usaha Anda. Atau kalaupun tidak terlalu dekat, pastikan lokasinya mudah diakses dengan sarana transportasi publik ataupun akses jalan tol.

Lokasi yang dekat atau memiliki akses yang mudah akan sangat bermanfaat untuk menunjang mobilitas sehari-hari Anda nantinya. Tujuannya tentu agar lebih cepat atau lebih efisien menuju tempat bekerja atau beraktivitas.

Lingkungan
Faktor berikutnya yang perlu diperhatikan adalah lingkungan, sarana dan prasarana serta fasilitas yang disediakan oleh pengembang kompleks perumahan atau hunian yang Anda pilih tersebut.

Alasannya, rumah tempat tinggal kita ini nantinya bukan hanya sekadar untuk kita beristirahat selepas pulang kerja. Akan tetapi, ia juga akan menjadi tempat kita membina keluarga kecil kita dan membesarkan anak-anak kita nantinya. 

Fasilitas publik yang baik, udara yang segar bebas polusi, lingkungan yang hijau dan luas merupakan aspek yang sangat signifikan untuk kenyamanan hidup Anda. Percayalah!

Kualitas Bangunan
Faktor berikutnya adalah kualitas bangunan. Pengalaman saya membeli rumah pertama dari pengembang, tidak sedikit yang menawarkan rumah yang harganya terjangkau, namun ternyata menawarkan bangunan dengan kualitas yang kurang baik.

Sebagai contoh, bata merah yang hanya digunakan di bagian dinding depan, kuda-kuda atap yang menggunakan kayu berkualitas rendah, kusen jendela dan pintu yang finishingnya tidak rapi misalnya, merupakan masalah klasik rumah yang ditawarkan di harga terjangkau oleh pengembangnya. 

Pastikan Anda menanyakan faktor-faktor ini pada developer sebelum Anda membeli hunian. Kalau rumah tersebut belum dibangun, Anda juga bisa secara berkala mampir melihat proses pembangunan rumah Anda dan segera melaporkan kalau Anda merasa ada yang tidak sesuai ke pihak pengembang.

www.mustikavillagesukamulya.com

Desain Rumah
Kalau dana Anda belum banyak, misalnya karena Anda dan pasangan baru saja meniti karir masing-masing, Anda tidak perlu memaksakan diri membeli rumah dengan ukuran yang luas. Rumah yang tidak terjangkau akan menyulitkan Anda saat mengangsur hunian tersebut dan membelit hidup Anda ke depan. Dan ini berpotensi menjadi bibit-bibit masalah dalam rumah tangga Anda nantinya. Percayalah!

Silakan pilih rumah yang mungil, dengan ukuran tanah 60 meter misalnya, namun dengan desain rumah yang asri, plafon yang tinggi serta pencahayaan serta sirkulasi udara yang baik. Dua kamar tidur dengan satu kamar mandi umumnya sudah cukup untuk keluarga muda yang baru menikah ataupun baru punya seorang buah hati.

Nah, buat Anda yang sedang mencari rumah, apalagi Anda yang bekerja atau beraktivitas di kawasan Cikarang, Cibitung, Sukatani Bekasi dan sekitarnya, Anda bisa coba lihat-lihat hunian di perumahan Mustika Village Sukamulya.

Mengapa saya rekomendasikan perumahan ini untuk Anda keluarga muda?

Pertama, Mustika Village Sukamulya ini merupakan kompleks hunian yang terjangkau untuk kita-kita para pengantin baru, mulai dari harga Rp160 jutaan, namun dengan kualitas rumah yang lebih baik. 

Kedua, ia juga menawarkan fasilitas yang lengkap dengan area niaga serta minimarket sehingga memudahkan para penghuninya untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari. Air bersih pun bukan masalah karena perumahan ini menyediakan water treatment plant yang dijamin mampu memasok kebutuhan air untuk warganya.

Ketiga, keluarga kecil Anda juga akan mendapatkan lingkungan yang asri jika memilih tinggal di kompleks hunian ini. Pengembangnya sudah menyediakan nuansa hijau yang menenangkan, lengkap dengan taman hijau seluas 3.300 meter serta danau resapan seluas 4.600 meter. Banjir? Tidak ada di kamus Mustika Village Sukamulya.

Berikutnya, ia juga punya lokasi yang sangat strategis. Dekat dengan pasar tradisional, sekolah unggulan, fasilitas kesehatan serta akses menuju kawasan industri Bekasi. Saat ini, Anda bisa menuju ke lokasi perumahan lewat pintu tol Cibitung KM24. Namun saat nanti pintu tol Cibitung-Cilincing diresmikan, jaraknya akan semakin dekat, hanya sekitar 20 menit saja. 

Kalaupun Anda lebih memilih untuk menggunakan transportasi massal, stasiun KRL dan terminal bus AKAP Cikarang pun hanya berjarak 20 menit. Apalagi layanan shuttle juga akan disediakan untuk memudahkan warga yang ingin bepergian.

Oke, beberapa tips di atas bisa Anda jadikan acuan saat Anda ingin membeli rumah pertama untuk keluarga baru Anda. Sesuaikan saja dengan kondisi Anda dan pasangan saat ini dan pertimbangkan opsi-opsi yang ada, karena rumah pertama Anda akan menjadi bagian dari cikal bakal keluarga dan masa depan Anda nantinya. Selamat berburu rumah pertama!