Nasi Bebek Pondok Nasi Uduk Special Meruya

Ada yang lupa. Bang Emmet sebenernya punya langganan warung pecel lele favorit sejak puluhan tahun lalu. Paling favorit karena posisinya dekat rumah, harganya murah dan bapak ibunya juga ramah. Pokoknya wah. Meskipun udah coba berbagai gerai warung nasi pecel lele di berbagai sudut kota Jakarta ini, Bang Emmet berani jamin. Yang satu ini recommended.

Apalagi, warung nasi uduk special yang satu ini juga punya menu yang lengkap. Selain pecel lele dan pecel ayam, mereka juga menjajakan pecel bebek soto ayam, gorengan ati-ampela-tahu-tempe dan opsi nasi uduk atau nasi putih biasa. 

Posisinya yang juga di jalan kompleks yang luas tapi buntu (di ujung sana ada kantor polsek dan kantor koramil) tepatnya di jalan Safir Selatan, Meruya, Jakarta Barat membuat warung nasi uduk ini menjadi semakin favorit karena luas dan leluasanya parkiran. Di depan rumah orang sih.

Anyway, beberapa waktu lalu, Bang Emmet dan Ny. Emmet lagi galau mau makan apa. Lagi gak mood masak dan malas pergi jauh-jauh. Alhasil, pecel lele special ini lah solusinya. Dan kebetulan saat itu Bang Emmet lagi pengen makan bebek. Nah, berikut ini penampilannya:

Secara default, porsinya ini hanya bebek dan lalapannya saja yang terdiri dari mentimun, kol, daun selada dan sambalnya. Tapi berhubung Bang Emmet lagi lumayan lapar, pesan juga tahu tempe sebagai pelengkap. Semuanya disajikan dalam piring lonjong, termasuk sambalnya.

Untuk bebeknya ini, ukuran potongannya cukup. Tidak terlalu kecil dan nggak besar-besar amat juga. Pas untuk satu porsi. Lalapannya juga sebenarnya bisa custom. Mau kemangi atau tomat misalnya, nggak pakai kol atau ketimun bisa. Nasinya (sayang lupa difoto) juga porsinya cukup untuk bikin perut kenyang.

Dari sisi rasa, yang namanya bebek goreng ya seperti itu. Dari sekian banyak warung pecel lele yang menyediakan menu bebek, ya rasa bebeknya relatif sama. Garingnya pun mirip-mirip. Rasa mentimun, kol, daun selada juga ya masa beda. Kan nggak. Sayuran segar ya rasanya seperti ini. Tapii yang bikin beda, adalah sambalnya. Racikan sambal pecel lele di warung ini top. Nggak terlalu pedas, rasa tomatnya terasa dan kekentalannya pas. Gurihnya pun pas.

Untuk harga, satu porsi nasi pecel bebek di warung ini juga relatif sama seperti warung pecel ayam kaki lima biasanya. Rp25 ribu. Teh tawar hangat? Gratis free flow. Recommended. Balik lagi ke sini? Pasti. Makan bebek lagi? Pasti.

Pondok Nasi Uduk Special
17 Desember 2021
Nasi Pecel Bebek + Teh Tawar Hangat
Rp25.000

Rating:
4.0 - Porsi
4.5 - Rasa
4.0 - Penyajian
4.0 - Harga
4.1 - Overall