Contoh Kata Sambutan dan Pimpin Doa di Halal Bihalal Kantor

Setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan, kita menyambut kemenangan di hari raya Idul Fitri dengan penuh suka cita. Biasanya, setelah kita rehat sejenak, berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara di kampung halaman, tentu kita kembali bekerja dan beraktivitas.

Adapun hari-hari pertama di awal kembali bekerja umumnya penuh dengan kegiatan bercengkrama dengan rekan-rekan kantor atau rekan bisnis dalam ajang yang kerap disebut halal bihalal. 

Ajang halal bihalal biasanya merupakan ajang pertemuan yang lebih informal dan tidak harus membahas urusan pekerjaan. Meski demikian, acara seperti ini juga bisa semakin memperkuat silaturahmi dan pertemanan yang pada akhirnya bisa berpotensi memperlancar urusan bisnis dan pekerjaan.

Ada kemungkinan, dalam kesempatan tersebut, Anda ditunjuk untuk mewakili rekan-rekan sejawat untuk memberikan kata sambutan dan juga membacakan doa pembuka. Nah, buat Anda yang kebetulan diminta untuk memimpin doa dalam acara halal bihalal kantor dan mencari referensi, contoh berikut ini mungkin bisa jadi bahan referensi.

Contoh Kata Sambutan Singkat dan Doa Pengantar Halal Bihalal

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahi robbil ‘alamin assholatu wassalamu ‘ala asyrofil ambiya’i wal mursalin, wa’ala alihi wasohbihi ajma’in ‘amma ba’du.

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan nikmat, rahmat serta karunia-Nya yang diberikan kepada kita sekalian, terutama nikmat iman, nikmat sehat wal’afiat serta nikmat panjang umur, sehingga kita bisa berkumpul kembali di tempat ini untuk mengadakan pertemuan, saling berkenalan dan menjalin silaturahmi, mempererat persahabatan.

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan terima kasih pada rekan-rekan panitia dan juga pihak manajemen sehingga ajang rutin tahunan kita, halal bihalal ini, kembali dapat terselenggara dengan sangat baik. 

Semoga kita dapat terus berkumpul dan kembali mengadakan pertemuan yang serupa di masa-masa yang akan datang, dan semoga ajang silaturahmi kita kali ini membawa berkah untuk kita semua.

Sebelum kita melanjutkan ke acara berikutnya, ada baiknya kita menundukkan kepala, memanjatkan doa kepada yang maha kuasa. Bagi rekan-rekan yang beragama lain, mari kita berdoa sesuai keyakinan masing-masing.

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala alihi washohbihi ajma’in

Ya Allah berikanlah rahmat atas junjungan kita Nabi Muhammad dan atas keluarga beliau serta para sahabat beliau seluruhnya

Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma Kamaa Rabbayani Saghira

Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil.

Robbana latuzig qullubana ba'daidz haddaitana wahabblana miladunka, rohmatan innaka antal Wahab

Ya Tuhanku janganlah Engkau palingkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk, dan berilah kami rahmat, sesungguhnya Engkau adalah dzat yang maha memberi

Robbana dholamna Anfusana wa inlam taghfir lana wa tarhamna lanakunanna minal khasirin

Wahai Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat dhalim terhadap diri-diri kami. Dan jika Engkau tidak memberi ampunan untuk kami dan merahmati kami, sungguh benar-benar kami menjadi termasuk dari golongan orang-orang yang rugi

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar

Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah adalah dzat yang memberi petunjuk ke jalan yang selurus-lurusnya, semoga keselamatan dan rahmat Allah serta keberkahannya terlimpah padamu/kalian.

Sekian. Mudah-mudahan tidak ada yang keliru. Jikalau ada kesalahan, mohon dimaafkan, silakan sampaikan di kolom komentar untuk saya perbaiki. Kalau bermanfaat, silakan Anda gunakan.