04 Mei 2022

Kupat Tahu Abah, Kupat Tahu Recommended di Tasik

Ulah nyebut tos ti Tasik, lamun acan ngasaan Kupat Tahu Abah. Begitu tagline yang digunakan oleh Kupat Tahu Abah. Sebuah marketing tagline yang sangat berani sekali bukan? Kalau diterjemahkan, artinya kurang lebih: Jangan (berani-berani) ngomong abis dari Tasik kalo (lu) belum nyobain Kupat Tahu Abah. Warbyasah!

Tapi, slogan si Abah itu bukan hisapan jempol. Sejak beberapa waktu lalu ke sini, Bang Emmet jadi pengen balik lagi ke sini kalau nyari kupat tahu di Tasik. Sebenarnya ada satu alternatif kupat tahu lain di Tasik, yakni kupat tahu Kabita. Tapi kelihatannya gerainya sudah pindah dan tempat barunya, meski lebih luas, jadi lebih padat alias rame. Bang Emmet kehilangan rasa tentram dan nyamannya makan kupat tahu di sana.

Anyway, kembali lagi ke Kupat Tahu Abah, lokasinya ada di jalan KHZ Mustofa, Tasikmalaya. Ia memang cuma di gerobakan kaki lima. Tapi soal rasa, boleh lah dikasih bintang lima. Kupat tahu ini buka sekitar jam 7 pagi sampai selesai. Selesainya jam berapa? Ya tergantung. Kadang jam 8 juga sudah selesai kalau sudah habis terjual semua. Sebelum bahas lebih lanjut, berikut ini penampilannya:

Nah, pas Bang Emmet datang hari ini, ternyata dia kesiangan, jam 7:15-an baru datang dan ngerakit gerobaknya. Kang bubur ayam di sebelahnya malah udah dagang dari paginya. Tapi berhubung memang sudah ngincer kupat tahu sejak berangkat dari hotel, ya kita langsung serbu begitu dia mulai jualan. Nih bukti Bang Emmet gak kesiangan, si Abah-nya yang telat 😋

Sebagai informasi, namanya kupat tahu, isinya ya cuma ketupat, dikasih tahu. Yaa ada toge juga sih.

Tahunya ini tahu putih biasa yang digoreng sampai garing. Habis itu, tahunya dipotong random, sesuka hati si abah pedagangnya. Sama seperti tahu tadi, ketupatnya juga dipotong kecil tapi random bentuknya, nggak kotak-kotak. Habis itu, taburin toge lalu disiram dengan kuah bumbu kacang. 

Nah, kuah bumbu kacangnya ini yang istimewa. Beda tukang kupat tahu, rasanya kadang sedikit berbeda. Ada khas-khas-nya gitu. Terakhir, diberi tambahan kecap manis dan ditaburi bawang goreng. Ada sambal juga kalau mau pedas, tapi ini opsional. Kalau Bang Emmet sih, ya pakai sambal dong, biar sedep.

Seporsi Kupat Tahu Abah ini harganya Rp15 ribuan saja. Gratis teh tawar hangat. Cocok untuk solusi sarapan pagi. Nggak terlalu banyak porsinya, tapi cukup bisa bikin kenyang perut yang baru bangun tidur. Kayak gini nih porsinya.

Dan kalau Bang Emmet sih, diaduk-aduk dulu biar bumbunya rata sebelum disikat. Biarin deh, dimarahin sama chef Renatta gara-gara makan kupat tahu diaduk. Eh, yang dia marah itu kalau makan bubur diaduk ding ya? 

Kupat Tahu Abah, KHZ Mustofa, Tasikmalaya
04 Mei 2022
Kupat Tahu + Teh Tawar Hangat
Rp15.000

Rating:
4.0 - Porsi
4.5 - Rasa
4.0 - Penyajian
4.5 - Harga
4.3 - Overall

Penasaran seperti apa Kupat Tahu Abah, Kupat Tahu Recommended di Tasik? Simak video Bang Emmet di bawah ini:

Latest
Next Post

0 comments: