04 Juni 2022

4 Pameran Seni Rupa Terbaik untuk Dikunjungi di Indonesia, Berikut Daftarnya!

Sumber: Freepik (gambar hanya ilustrasi)


Datang ke pameran seni sekarang ini menjadi salah satu aktivitas yang trendi dan banyak diminati oleh semua kalangan. Selain bisa menambah pengetahuan, datang ke pameran seni  juga akan membuat kamu mengetahui perkembangan tren di bidang seni dan desain terbaru. Di samping itu, kegiatan ini juga dapat melepas penat. Kamu juga bisa mencari spot atau objek keren untuk feed media sosial kamu. Agar tidak ketinggalan, berikut ini kami rangkumkan 4 pameran seni rupa terbaik yang bisa kamu kunjungi.

1. ARTJOG

Sumber: Unsplash (gambar hanya ilustrasi)

Yogyakarta atau "Jogja" merupakan sebuah kota kecil di sebelah selatan Pulau Jawa yang berpredikat kota pelajar. Selain menyandang predikat kota pelajar, Yogyakarta juga pantas disebut sebagai kota budaya karena masyarakat di kota ini masih sangat menjunjung tinggi adat dan budaya yang mereka miliki. Berbagai ragam kesenian tradisional masih terus digelar dan dilestarikan oleh seniman-seniman di Provinsi Yogyakarta ini. Kesenian khas yogyakarta tidak hanya ditampilkan pada hari-hari tertentu saja. Namun, masih banyak kesenian-kesenian khas yang ditampilkan oleh masyarakat Yogyakarta untuk memeriahkan berbagai upacara adat, seperti pernikahan, khitanan, kelahiran, dan upacara adat lainnya. Salah satu pameran seni yang digelar di Yogyakarta sebagai event tahunan adalah ARTJOG.

ARTJOG merupakan festival seni kontemporer berkelas internasional yang rutin diselenggarakan setahun sekali di Yogyakarta. Perhelatan yang berada di bawah naungan Yayasan Hita Pranajiwa Mandaya ini selalu berhasil memberikan dampak baik bagi ekonomi kreatif dengan menggaet puluhan hingga ratusan ribu wisatawan buat datang ke Yogyakarta. Pada tahun 2019 lalu, sebanyak 101.500 wisatawan nusantara maupun mancanegara datang ke ARTJOG MMXIX yang diselenggarakan selama satu bulan di Jogja National Museum

Sebelum menjadi festival seni yang populer seperti saat ini, ARTJOG hanya menjadi bagian dari Festival Kesenian Yogyakarta. Waktu itu namanya masih Jogja Art Fair (JAF). Pertama diadakan pada tahun 2008. Pada waktu itu, JAF menjadi pekan raya seni rupa kontemporer pertama di Indonesia, lho. Karya yang dipamerkan merupakan karya dari para seniman yang berpartisipasi melalui proses panggilan terbuka. Di tahun berikutnya, pameran seni ini sudah berdiri sendiri dan nggak menjadi bagian dari FKY lagi. Kemudian, pada tahun 2010 terjadi transformasi yang lebih besar. Jogja Art Fair berubah nama jadi ARTJOG seperti yang dikenal sekarang ini.

2. Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD)

Sumber: Unsplash (gambar hanya ilustrasi)

Selama lebih dari satu dekade, tim di balik Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD), yang terdiri dari arsitek dan desainer mapan di bawah Yayasan Design+Art Indonesia (Yayasan Design+Art Indonesia), telah mengabdikan keahlian mereka dengan menciptakan platform yang dimaksudkan untuk menjembatani seni desain dengan disiplin ilmu lain mulai dari fashion, film, perhotelan, F&B dan banyak lagi. Dalam upaya terkonsentrasi untuk mencapai hal ini, ICAD telah memantapkan namanya dengan menawarkan pameran dan program yang dikuratori yang menyoroti kreasi dan inovasi mutakhir di zaman kita. Acara tahunan mereka, yang berlangsung di kawasan gaya hidup Kemang di Jakarta, menampilkan seniman, desainer, dan pencipta lintas disiplin terkemuka dari seluruh dunia. ICAD juga telah bermitra dengan platform internasional bergengsi seperti Milan SuperDesign Show, La Biennale di Venezia, dan London Design Biennale, dalam mengkurasi dan memamerkan seni dan desain Indonesia kepada dunia.

3. Art Jakarta

Sumber: Freepik (gambar hanya ilustrasi)

Art Jakarta adalah pameran seni rupa kontemporer yang diadakan setiap tahun di Jakarta, Indonesia. Pameran ini biasanya diadakan di Jakarta Convention Center di Senayan. Pameran ini diselenggarakan oleh majalah fashion dan gaya hidup Harper's Bazaar Indonesia sejak 2009. Art Jakarta sebelumnya dikenal sebagai Bazaar Art Jakarta. Seniman, galeri, kolektor, dan kritikus seni dari seluruh dunia berpartisipasi dalam pameran ini. Pameran ini telah ditetapkan sebagai salah satu pameran seni terpenting di Asia Tenggara.

Sejak awal tahun 2009 hingga 2016 pameran ini dikenal dengan nama Bazaar Art Jakarta (BAJ). Ia berganti nama menjadi Art Jakarta dari edisi 2017.

Edisi terakhir sebagai Bazaar Art Jakarta (BAJ) sebelum berganti nama menjadi Art Jakarta diadakan pada tahun 2016 di mana 23 galeri seni luar negeri dan 19 galeri seni lokal ambil bagian. Lebih dari 1.500 karya seni ditampilkan di pameran tersebut.

4. Jakarta Biennale

Jakarta Biennale (JB) adalah pameran seni rupa kontemporer yang diadakan dua kali setahun di Jakarta, ibu kota Indonesia. JB menghadirkan berbagai kegiatan budaya untuk dinikmati warga Jakarta sebagai cara untuk melihat “kota”, sebuah wilayah yang bergerak dan terus berubah. Jakarta, sebagai salah satu kota terbesar di Asia Tenggara, sangat dinamis dan menjadi cermin sosial, politik, ekonomi dan budaya Indonesia kontemporer.

Pada awalnya, JB diadakan pada tahun 1968 dengan nama Pameran Besar Seni Lukis Indonesia (Pameran Besar Seni Lukis Indonesia) di Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki. Seiring dengan perkembangan dan perubahan besar dalam dunia seni rupa dan juga masyarakat, pameran berkembang dengan melibatkan lebih banyak kegiatan budaya bersama-sama dengan masyarakat luas. JB membuka potensi kreatif dalam rangka merevitalisasi ruang publik di kota melalui karya kolaboratif antara seniman, pekerja kreatif, dan warga sekitar.

Jakarta Biennale biasanya dilaksanakan dalam skala besar, berlangsung di beberapa lokasi di Jakarta selama periode yang cukup panjang. Gudang Sarinah dan Galeri Nasional adalah dua tempat yang rutin menjadi lokasi penyelenggaraannya. Karya seni yang ditampilkan biasanya berukuran masif dan mengusung ide yang provokatif.

Selain berwisata, tentunya event seni rupa bisa menjadi rekreasi edukasi bagi para penikmatnya. Jangan lupa, event pameran beberapa seni rupa diatas, bisa kamu ketahui secara pasti jadwal dan tata cara pelaksanaannya dengan mengunjungi website Indonesia Travel Event 2022 sekarang juga. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Latest
Next Post

0 comments: