24 Januari 2023

Danau Waikuri, Laguna Tersembunyi yang Indah Luar Biasa

Beberapa waktu lalu Bang Emmet akhirnya untuk pertamakalinya dalam hidup, mengunjungi Sumba. Dari sisi jarak, memang dia tidak sejauh Jakarta-Samarinda atau Jakarta-Manado, misalnya yang lebih sering Bang Emmet kunjungi. Tapi ternyata, nggak perlu jauh-jauh kalau mau menikmati keindahan alam yang luar biasa. 

Err.. jangan-jangan, di dekat Meruya sini juga banyak tempat yang punya pemandangan indah. Kurang jauh nih Bang Emmet mainnya. Apa malah kejauhan? Wkwk.

Anyway, ternyata Sumba memang menawarkan keindahan alam yang sangat luar biasa. Dalam perjalanan Bang Emmet dan rekan-rekan kali itu, ada beberapa tempat yang kita singgahi dan semuanya wow. Termasuk Danau Waikuri atau Weekuri Lagoon ini.

Perjalanan ke danau Waikuri dengan kendaraan pribadi membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 42 kilometer dari bandara Tambolaka, Sumba. Sepanjang perjalanan, sepi dan tidak banyak rambu petunjuk arah, apalagi jalanan macet. Jangankan macet, berpapasan dengan kendaraan lain pun jarang. Jadi, sebaiknya kalau datang ke sini, datanglah secara berombongan dan minta dipandu oleh penduduk lokal.

Oke, kembali ke danau Waikuri. Sejak tahun 2015-an, Danau Waikuri ini sudah dijadikan salah satu destinasi wisata wajib kalau kita datang ke Sumba. Ia merupakan danau dengan air asin yang airnya berwarna hijau tosca sangat bening. Kenapa bisa asin? Karena danau atau laguna ini berada persis di pinggir laut Sawu dan berbatasan langsung dengan samudera India.


Air dari danau Waikuri merupakan air laut yang terperangkap masuk saat pasang air laut masuk ke lewat celah-celah ke dalam dinding batu karang yang tinggi menjulang seakan memisahkan danau ini dengan laut lepas. Dan batu karang yang tinggi tersebut juga merupakan dinding yang melindungi danau dari dentuman ombak samudera India yang dahsyat.



Berhubung danau ini merupakan pinggir pantai, dasar danau Waikuri merupakan pasir putih dengan kedalaman bervariasi hingga sekitar 5 meter, tergantung kondisi air pasang surut. Kita bisa berenang di danau yang airnya sangat bening tersebut.

Nggak mau berenang? Anda juga bisa menikmati melihat pemandangan dan sunset di atas tebing karang melihat ke arah laut lepas. Nah, ini yang Bang Emmet lakukan. 





Awalnya sih Bang Emmet sudah berencana untuk loncat dan terjun ke danau sambil berenang-renang. Sudah berbekal kacamata renang pula. Sayangnya, berhubung banyak akamsi, rencana tersebut  Bang Emmet batalkan. Namun, semua tergantikan dengan pemandangan luar biasa indah yang ditawarkan.

Datang ke Sumba? Mampir ke Danau Waikuri deh. Highly recommended!

Latest
Next Post

0 comments: