Servis Motor. Apa Saya yang Perlu Diperhatikan?

Sejak tahun 1997-an, kendaraan favorit saya untuk beraktivitas, khususnya berangkat ke kampus adalah menggunakan sepeda motor. Ini terus berlanjut sampai saya memasuki dunia kerja, sampai di awal 2020 lalu, saat pandemi Covid-19 menyerang.

Setelah sekitar 2 tahunan WFH dan kembali WFO di kantor, sepeda motor pun tetap menjadi alat transportasi favorit. Pasalnya, area tempat tinggal saya cukup jauh dengan layanan Trans Jakarta ataupun Commuter Line. Akses yang tersedia hanya ada tol JORR ataupun tol dalam kota. Atau, ya jalan umum.

Bedanya, kalau pra pandemi saya mengendarai motor sendiri, pasca pandemi saya selalu diboncengi, alias menggunakan ojol. Alasannya simpel, menghindari masuk angin. Maklum, saya harus berangkat sebelum jam 7 pagi dan baru bisa pulang setelah jam 9-10 malam, melintasi kota, dari ujung yang satu, ke ujung kota yang satunya. Pulang jam 6? Bukan pilihan yang bijak. Percayalah!

Terkait dengan sepeda motor, tentu ada banyak hal yang perlu kita perhatikan. Selain kelengkapan surat-surat, faktor penting lainnya adalah kesehatan kendaraan roda dua kita. Dan menjaga kesehatannya tentu adalah dengan melakukan perawatan.

Nah, untuk servis motor sendiri? Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ini adalah sedikit informasi tentang apa-apa saja yang perlu dicek saat service motor:

Aki atau Accu: 

Sangat penting untuk cek dan memastikan bahwa aki masih berfungsi dengan baik dan dapat menyimpan daya listrik yang cukup untuk menyalakan motor. Jika aki sudah lemah atau tidak dapat menyimpan daya listrik dengan baik, maka aki harus diganti agar motor dapat dinyalakan dengan mudah dan lampu-lampu juga bisa menyala.

Ban:

Ban harus dicek untuk memastikan bahwa tekanan udara di dalamnya masih sesuai dengan standar dan tidak ada kerusakan pada ban. Jika tekanan udara di dalam ban terlalu rendah atau terlalu tinggi, maka ban harus diisi ulang dengan udara yang sesuai. Bisa angin, bisa nitrogen. Jika ada kerusakan pada ban, seperti bocor atau robek, maka ban harus diganti agar motor dapat berjalan dengan aman.

Busi

Busi juga harus dicek untuk memastikan bahwa ia masih berfungsi dengan baik dan dapat menghasilkan percikan api yang cukup untuk menyalakan mesin. Jika busi sudah aus atau tidak dapat menghasilkan percikan api yang cukup, maka busi harus diganti agar mesin dapat menyala dengan mudah.

Filter Udara

Filter udara harus diperiksa untuk memastikan bahwa filter masih bersih dan tidak tersumbat oleh kotoran yang dapat menghambat aliran udara ke ruang pembakaran. Jika filter udara sudah kotor atau tersumbat, maka filter harus dibersihkan atau diganti agar mesin dapat bekerja dengan optimal.

Kampas Rem

Nah, ini sangat penting. Kampas rem harus dicek untuk memastikan bahwa ketebalannya masih sesuai dengan standar dan rem masih dapat berfungsi dengan baik. Jika ketebalan kampas rem sudah terlalu tipis, maka kampas rem harus diganti agar rem dapat bekerja dengan baik dan motor dapat berhenti dengan aman, tepat waktu.

Oli Gardan

Khusus untuk pengguna motor matic, oli gardan harus diganti secara rutin karena berfungsi untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

Oli Mesin:

Oli mesin, termasuk oli motor matic harus diganti secara rutin karena berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Jika oli mesin sudah kotor atau habis, maka oli mesin harus diganti agar mesin dapat bekerja dengan optimal dan terhindar dari kerusakan. Tergantung jarak pemakaian motor Anda setiap harinya, idealnya rata-rata oli mesin perlu diganti setidaknya 3 bulan sekali.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan atau retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5.000km atau dua kali lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar saja kalau retailer ini mengklaim bisa dua kali lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Tune-up Motor Secara Rutin

Tune up motor secara rutin harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua komponen mesin bekerja dengan baik dan performa motor tetap terjaga. Tune up meliputi pemeriksaan dan penyetelan pada berbagai bagian mesin, seperti pengapian, karburator, transmisi, dan sistem penggerak.

Adakalanya tune-up sudah disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart lainnya. Namun tenang saja, mekanik akan menginformasikannya terlebih dahulu kepada Anda. Kalau Anda setuju, barulah mekanik melakukan perbaikan pada motor kesayangan.

Bengkel Servis Motor Terbaik 

Untuk mendapatkan servis yang berkualitas, Anda harus mencari bengkel servis motor yang terpercaya. Salah satu bengkel yang dapat Anda andalkan adalah Planet Ban. Di bengkel ini, Anda bahkan dapat merasakan layanan servis motor dengan kualitas mesin baru. Apa itu servis mesin rasa baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan dari jenis servis motor ini adalah untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan hemat biaya. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru adalah bagian-bagian vital yang tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel secara rutin.

Apa manfaat melakukan servis di Planet Ban?

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan melindungi mesin. Dengan demikian, mesin menjadi lebih awet.
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng.
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5.000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga Anda tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis menjadi lebih hemat.
  • Anda dapat berpartisipasi dalam menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Apa bedanya servis motor di Planet Ban dengan di tempat lain?

Jika Anda melakukan servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor terasa berat.

Namun jika Anda melakukan servis motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Ya, servis motor di Planet Ban membuat motor Anda seperti memiliki mesin baru. Hasilnya tarikan menjadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin menjadi bersih total.

Harga servis motor di Planet Ban juga sangat terjangkau. Untuk servis motor injeksi hanya Rp20.000, servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500, bahkan servis throttle body juga hanya Rp20.000.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui manfaat rutin memeriksa kondisi motor dan bagian apa saja yang perlu diservis. Cobalah untuk mengingat kapan terakhir kali Anda melakukan servis motor. Jika perlu melakukan servis motor, datanglah ke Planet Ban untuk mendapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.