17 Desember 2023

Gagal Thrifting. Mending Belanja Online di e-Commerce?

Kemaren ini Bang Emmet habis dari Batam. Mumpung di sini, tentunya menarik untuk hunting-hunting barang bekas atau second hand yang masih dalam kondisi bagus. Thrifting istilahnya.

Salah satu lokasi favorit untuk thrifting adalah di kawasan Lucky Plaza dan pasar Jodoh alias sungai Jodoh Night Market. Dan ternyata, hotel tempat Bang Emmet bikin event malah persis di depan Jodoh Night Market itu. Sayangnya nginapnya malah di kawasan Nagoya Thamrin City. Ya sud lah.

Berhubung masih agak terang, Bang Emmet dan ditemani oleh seorang rekan lama yang merupakan akamsi, pergilah kita ke Lucky Plaza Batam dulu. Biar nanti malam saja ke night market. Ya iya lah, masa siang-siang ke night market. Tujuan utamanya, siapa tau nemu Zenfone 8 Flip second.

Muter punya muter, nggak ada. Barang ini memang super langka kelihatannya. Malah adanya Google Pixel, Nothing Phone dan Sony Xperia dan ROG 5. Giliran iPhone 11 Pro ada banyak. Tapi banding-bandingin harga dengan e-commerce, lah sama aja. Nawar-nawar pun cuma selisih 200-300 ribu paling. Nggak worth.

Agak maleman, untung hujan sudah berenti, berangkatlah Bang Emmet ke Jodoh Night Market itu.

Sebenernya dulu pernah juga sempat lihat-lihat ke sini sepintas. Tapi tempo hari ke sini udah agak kemaleman, jam 11 kalau nggak salah. Banyak yang udah beres-beres mau tutup. Nah, kali ini jam 8-an, masih lumayan rame. Mungkin kalau nggak habis hujan, bisa lebih rame lagi. Soalnya kalau habis hujan, becyek, meski ada ocyek.  

Anyway, inilah masalah Bang Emmet. Pertama, nggak ngerti barang. Kedua, nggak ngerti harga. Ketiga nggak bisa nawar. 

Maklum, dari kecil sampe gede, sampe sekarang punya anak kecil malah itu anak udah gede, semua-semua udah tau beres. Urusan apapun, kalau dulu emak Emmet yang beli, sekarang urusan beli-beli ya urusan Ny. Emmet. Bang Emmet? Tinggal pake. Apapun yang dibeli, ya udah. No preferensi, no pilih-pilih, no peduli juga sebenernya. Wkwkwk.

Sepatu? Ada banyak. Dompet, tas, baju, celana juga berlimpah. Harganya? Murah sih. Gocap-gocap ada, yang harganya di bawah itu juga banyak. Tapi ya gitu. Takut salah beli.

Alhasil, setelah 2-3x puter nyusurin lorong-lorong sana, Bang Emmet pindah ke jejeran toko yang di pinggir jalan. Jejeran sini itu biasanya barangnya bukan secondhand, tapi barang-barang baru masih gres lengkap dengan boks-nya.

Setelah lihat-lihat, akhirnya beli sepatu buat Ny. Emmet. Tadinya mau beli buat bocah Emmet juga, tapi sudah diduga, dia nggak mau modelan beginian. Akhirnya, Bang Emmet beli sepatu safety (gambar di atas). Harga Rp245rb bisa ditawar jadi Rp210rb. 

Cobain, oke. Pas pulang ke Jakarta, langsung dipake. Sampe rumah cek e-commerce, ternyata nggak murah-murah amat. Ya sudah lah ya. Emang paling bener beli di e-commerce aja lah 😅

Previous Post
Next Post

0 comments: