17 Januari 2024

Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling. Berapa Bayarnya?

Hari ini gw perpanjang SIM A yang mati tanggal 24 Januari besok. Daripada kelewat dan harus bikin dari ulang, langsung perpanjang aja deh. Toh udah tinggal seminggu lagi habis.

Berhubung males ke Samsat yang pasti rame dan ribet, mending hunting SIM keliling aja. Cara cari tau jadwal dan lokasi SIM keliling juga gampang. Cukup pantengin akun IG TMCPoldametro karena setiap pagi mereka pasti posting di mana lokasi SIM keliling atau STNK keliling di hari itu.


Oke, begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling!

Bangun tidur, beres-beres lalu lihat IG. Ternyata, kalau mau di daerah Jakarta Pusat, ada di Kantor Pos Lapangan Banteng. Sebenernya ada juga sih Jakarta Barat di Mall Citraland. Tapi rasanya kayaknya bakal rame kalau di situ. Mending Kantor Pos Lapangan Banteng aja deh. Toh biasanya sepi-sepi aja.

Berangkat jam 7-an, jam 7.59 udah sampe. Dan ternyata, udah ada yang antri. Padahal dia buka jam 8.00. Ya sud lah. Begitu ke meja pendaftaran, katanya langsung scan barcode saja. Isi form dan langsung psikotes dari web based. Bisa pakai hape, tablet atau laptop juga bisa kalau niat. Yang penting, ada kuota internet. Opsi lain, ya cari wifi.

Isi punya isi, ternyata eh ternyata. Mohon maaf, tapi ini tes-nya kayak ujian anak sekolah setara SD gini. Bukan maksud hati menghina ya, tapi ada pengin ketawa dan ada kesal juga, menghina inteligensi saya ini mah. Tapi ya sudah lah ya, akhirnya, isi lah itu form sambil senyum-senyum (geli) sendiri. Kayak gini contohnya.


Itu tes untuk diminta carikan icon dengan simbol yang sama dengan yang dicontohkan.


Di atas ini? Yaa tes itu. Ada 100 soal dan mustinya sih, nggak  tamat SD pun bisa dapat 100 😅



Jujurly, soal-soal tes yang dikerjakan ini kayaknya memang sengaja dibuat mudah, supaya semua orang dengan berbagai latar belakang pendidikan bisa punya SIM. Bagus sih. Tapi di sisi lain, jadinya orang-orang yang kurang pandai dan kurang stabil emosinya pun jadi gampang punya SIM. 

Yang jadi masalah, kemungkinan saat nanti sudah berhadapan di jalan, bisa jadi orang-orang seperti ini akan bikin masalah.

Kayaknya sih memang hukuman cabut SIM buat pelanggar aturan lalu-lintas atau pengemudi ugal-ugalan dan larangan untuk mengemudikan kendaraan selama beberapa waktu, perlu dibuat. Hukuman buat yang mengendarai kendaraan tanpa SIM atau dengan SIM yang expired juga harus diperberat. Anyway, lanjut ke topik.

Berapa Biaya Bayar Tes Psikologi Tes Kesehatan dan SIM A?

Gak berapa lama, kelar semua soal dan hasil tesnya pun langsung keluar. Setelah itu, keluar rekomendasi hasil test tersebut, apakah memenuhi syarat atau nggak untuk diperpanjang SIM-nya. Lalu ada barcode dan keluar biaya tes psikologinya, Rp60 ribu,

Langsung balik ke meja registrasi, di-scan barcode-nya, bayar test, lalu bawa ke tenda tes kesehatan. Tunggu antrian sebentar, tes tensi dan cek mata (lihat buku tes melihat angka yang tersembunyi di balik warna). Selesai, bayar Rp35rb lalu ke meja sebelah. 

Di meja sini, kita serahkan 3 lembar fotokopi KTP, SIM asli lalu tunggu nomor panggilan. Kalau nggak punya fotokopi KTP, di belakang Kantor Pos Jakarta Pusat ada toko koperasi yang juga sediakan mesin fotokopi. Cukup bayar Rp2000 saja.

Setelah serahkan dokumen dan tukar ke nomor antrian, ternyata, meskipun datang jam 8 pagi, gw sudah dapat nomor 28. Dan pas diminta nunggu di pinggir sekitaran bus SIM kelilingnya, sudah dipanggil pengantri yang nomor 11.

Gak lama nunggu, dipanggil lah gw masuk bus untuk foto. Masuk bus, langsung duduk, langsung jepret. Bayar Rp130rb (sayangnya cuma bisa cash), dan SIM pun jadi. Total jenderal, bayarnya Rp225 ribu. Dan dari sejak datang jam 8, jam 9.37 SIM baru sudah di tangan. Sejam jadi. Mantap!

Psst.. pas SIM kelar, mendadak gerimis mengundang dan gw "terpaksa" neduh. Bukan terpaksa sih sebenernya, emang udah ada rencana mampir tadi pas otw ke koperasi belakang untuk fotokopi. Mampir ke mana? Ngapain? Nah, ini salah satu opsi tempat singgah yang gw pilih tadi sambil menunggu gerimis reda:

Nasi + Telur dadar + Mie + Terong balado + Gorengan x2 + Teh tawar hangat bisa ditebus dengan Rp20.000 saja. Gorengannya hangat dan recommended. Mantap Mantap!

Previous Post
Next Post

0 comments: