21 June 2020

Makanan Khas Tasikmalaya Lezat dan Nikmat

Makanan Khas Tasikmalaya banyak digemari oleh masyarakat Tasikmalaya sendiri maupun para wisatawan yang datang berlibur ke kota ini. Tidak hanya buah tangan seperti tas, sepatu maupun kerajinan tangan yang unik saja, tetapi makanan yang disajikan oleh Tasikmalaya pun begitu nikmat. Berikut beberapa makanan khas yang menarik untuk dicicipi. 


Bubur Tasik 
Makanan Khas Tasikmalaya yang perlu Anda coba yaitu bubur Tasik. Seperti halnya dengan daerah lain, bubur yang disajikan oleh Tasikmalaya juga memiliki ciri khas sendiri yaitu bubur biasa yang toppingnya sangat lezat. 


Topping bubur berupa suwiran daging ayam kampung dan hati ayam. Agar rasanya lebih enak, penjual bubur juga menambahkan cakwe dan daun bawang. Harga yang ditawarkan bervariasi sesuai dengan topping yang digunakan untuk bubur. 


Ladu 
Ladu adalah makanan yang terbuat dari beras ketan baik hitam maupun putih dengan cita rasa yang unik dan manis. Bentuknya ladu seperti dodol tetapi rasanya tentu berbeda. Makanan khas yang satu ini tidak hanya cocok untuk cemilan saja, tetapi juga cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. 

Ladu biasanya disajikan untuk menjamu para tamu khususnya ketika lebaran iba. Namun kini Anda tidak perlu menunggu lebaran karena bisa menikmatinya di berbagai toko oleh-oleh khas Tasikmalaya. Harga yang ditawarkan untuk satu bungkus ladu juga terjangkau. 

Mie Bakso Babat 
Mie Bakso Babat banyak ditemukan di tasikmalaya. Mie memiliki tekstur yang lembur dan mulur. Ditambah lagi dengan bakso dan babat yang kenyal. Meskipun mie bakso babat merupakan makanan tradisional Tasikmalaya, namun kelezatan dari makanan ini tidak kalah dengan makanan modern saat ini. 


Mie yang digunakan dalam menu makanan khas yang satu ini tentu berbeda dengan mie bakso lainnya.mie diproduksi sendiri dengan bahan utama berupa tepung terigu dan telur. Untuk topping yang digunakan pun berupa babat jarit hitam. Babat direbus hingga tidak memiliki bau anyir. Babat begitu kenyal, gurih dan enak. 

Nasi Tutug Oncom 
Nasi Tutug Oncom tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Sunda. Nasi Tutug Oncom adalah nasi dengan oncom yang dipanggang dan dihancurkan bersama dengan kencur. Kemudian nasi putih biasa ditambahkan dengan garam dan jahe sehingga rasanya begitu unik. Ditambah lagi dengan sajian khas sunda aneka gorengan seperti telur ceplok, bala-bala, tempe, tahu, sambal, kerupuk dan lain-lain. 



Nasi Cikur
Selain nasi Tutuk Oncom, makanan khas lain yang disuguhkan oleh masyarakat Sunda lainnya yaitu Nasi Cikur. Nasi ini nasi yang digoreng bersama dengan kencur muda. Bau wangi dan rasa yang renyah menjadikan nasi cikur banyak digemari oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan.

Tidak hanya itu, nasi goreng cikur ini ternyata juga memiliki khasiat lainnya seperti menghangatkan badan dan mengenyangkan perut. Maksud kata cikur dalam bahasa sunda artinya kencur. Sehingga nasi goreng cikur yaitu nasi goreng kencur. 


Soto Tasik
Soto Tasik tentu berbeda dengan soto lainnya. Soto berwarna kuning bening yang tertutupi oleh bubuk-bubuk merica yang ada diatasnya. Soto bergitu segar, hangat dan nikmat. Tidak hanya segar dan hangat saja, rasa yang disuguhkan Soto Tasik begitu menggigit. Selain bubuk merica, ada topping lain yang digunakan pada soto tasik yaitu kol, tauge dan suwiran daging ayam.


Makanan Khas Tasikmalaya dapat Anda temukan di berbagai wilayah di Tasikmalaya. Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang jualnya, karena sangat terjangkau dan ramah di kantong

Previous Post
Next Post

0 comments: