Resep dan Cara Membuat Es Kelapa Muda Gula Aren

Es kelapa muda merupakan minuman favorit kita semua. Baik diminum saat terik sinar matahari di siang hari bolong, sore hari ataupun sebagai minuman utama saat berbuka puasa, es kelapa muda menjadi pilihan oleh banyak orang.

Tak hanya es kelapa muda polos, es kelapa muda pun ada banyak ragamnya. Mulai dari es kelapa muda gula merah, es kelapa muda timun suri, es jeruk kelapa muda, es kelapa muda durian, dan banyak lagi. Percaya deh, semuanya wuenak dan suwegger buger bunder.



Nah, dari sekian banyak pilihan es kelapa muda, salah satu yang juga menjadi favorit adalah es kelapa muda gula aren atau ada juga yang memodifikasinya dengan potongan buah alpukat untuk menyempurnakan rasanya. 



Nah, kali ini kita akan coba membuat yang paket lengkap itu. Berikut ini cara membuat es kelapa muda gula aren istimewa:




Bahan-bahan membuat es kelapa muda gula aren istimewa:

  • 1 buah kelapa muda (air dan dagingnya)
  • 3 buah alpukat
  • 3 sdm susu kental manis
  • 3 sdm gula aren bubuk
  • es batu yang sudah diserut


Untuk kelapa mudanya, sesuaikan kebutuhan. Kalau kelapanya kecil, bisa gunakan dua buah. Kalau kelapanya besar dan airnya banyak, satu buah pun cukup.

Tempatkan air kelapa muda dengan daging kelapanya dalam wadah yang cukup besar. Lalu potong-potong alpukat dan langsung masukkan ke dalam wadah berisi air kelapa muda tersebut.

Sama seperti kelapa, kalau buah alpukatnya besar, cukup satu atau dua buah cukup. Kalau kecil kecil, boleh tiga atau empat, tergantung selera Anda.

Tambahkan susu kental manis ke dalam wadah, dan juga bubuk gula aren. Aduk sampai rata.




Berikutnya, tambahkan es batu yang sudah diserut ke dalam wadah. Aduk kembali sampai tercampur agar dinginnya merata.

Ok, es kelapa muda gula aren pun siap dinikmati. Untuk demo lengkap cara membuat es kelapa muda gula aren, silakan simak di video berikut. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.