Resep dan Cara Membuat Es Timun Serut Segar untuk Buka Puasa

Kalau Anda sedang kehausan di tengah hari bolong, atau menjelang bedug Maghrib, apa yang muncul dalam benak Anda? Minuman dingin manin nan segar bukan? Lho, bukan? Lalu apa dong?

Kalau Bang Emmet sih, pastinya yang segar-segar. Jujur saja, kolak pisang, setup buah atau kolang-kaling tidak pernah muncul dalam benak. Justru yang lebih sering muncul itu justru es timun serut. Kenapa?




Selain tidak ribet (buat Bang Emmet, setup buah terlalu padat, kebanyakan buahnya) dan ringan (tidak pakai santan juga), timun serut lebih enak ditenggak daripada kolang kaling. Lha iya lah bang, masa kolang kaling langsung ditelan nggak dikunyah dulu?

Nah, buat Anda yang mendadak ingin es timun serut dan malas nyari babang es keliling atau nyari di Grab atau GoFood, bikin sendiri saja. Gampang kok. Begini resep dan cara membuat es timun serut.




Bahan-bahan untuk membuat es timun serut:

  • Ketimun
  • Jeruk Nipis
  • Sirop
  • Air matang (500ml)
  • Es batu yang sudah dicacah


Lalu cara membuat es timun serut adalah, pertama-tama, tuangkan air matang ke dalam mangkok dan masukkan es batu. Berikutnya, potong-potong jeruk nipis lalu masukkan juga ke dalam wadah tersebut.

Serut timunnya sampai halus. Sebisa mungkin pilih ketimun, mentimun, timun atau apalah namanya, yang masih muda. Agar rasanya lebih segar. Setelah diserut, masukkan juga ke dalam mangkok.

Masukkan sirop, sekitar 4-5 sendok (sesuai selera), lalu diaduk sampai rata.




Kalau kita menggunakan jeruk nipis, es timun serut kita nantinya tidak hanya manis, namun juga ada rasa-rasa asam segarnya. Jauh lebih nikmat dibandingkan dengan hanya sirop dan timun serutnya saja. Menarik sekali bukan? Tetapi ya, tergantung selera. Kalau nggak suka jeruk nipis, tidak perlu digunakan.

Buat Anda yang ingin melihat lebih jelas proses cara membuat es timun serut, silakan simak selengkapnya dalam video berikut. Selamat mencoba: