Resep dan Cara Membuat Juice Sayur Kale. Juice Sayur Enak dan Segar

Sayuran di juice? Ngebayanginnya aja Bang Emmet udah gak tertarik. Kebayang sayur-sayur itu digiling halus dan tercampur. Rasanya hambar nggak enak serasa nelan daun-daunan. Lha, ya memang daun daunan Bang.

Eh tapi, semua berbuah setelah Ny. Emmet bikin juice sayur kale seperti yang akan kita bahas kali ini. Juice sayurannya segar dan rasanya pun ada manis asamnya. Lho, bagaimana kumaha?




Halo, Assalamualaikum teman-teman. Ketemu lagi di Dapur Ny. Emmet. Kali ini kita akan bikin yang seger-seger. Ya, kita akan bikin jus sayur kale segar.



Nah, supaya juice sayur kalenya segar, kita siapkan juga nanas madu sebagai campuran. Oke, jadi apa saja selengkapnya? 

Bahan-bahan untuk membuat juice sayur kale:

  • 1 bungkus daun kale organik
  • 1 buah nanas madu (sudah dibersihkan)
  • 660ml air (untuk 1 bungkus daun kale + 1 buah nanas madu)
  • es batu (jika dibutuhkan)
  • 1 sendok makan / 1 sendo teh madu (sesuai selera)

Pertama-tama, bersihkan dulu semuanya ya. Tapi sebelum kita blender, cuci sekali lagi dengan air garam. Tujuannya adalah agar lebih bersih, kumannya hilang, dan debu-debu yang menempel di daun kale bisa lebih luntur.




Setelah bersih, masukkan nanas dan juga daun kale ke blender. Kalau ingin lebih halus, potong-potong lebih dulu nanasnya sebelum diblender. Setelah semuanya masuk, tambahkan es batu secukupnya sesuai selera. Kalau Anda ingin juice-nya dingin, bisa es batunya agak banyak. Atau kalau tidak suka, tidak pakai es batu pun tidak apa-apa.

Setelah itu, masukkan 300 mililiter air, atau gunakan saja air mineral 330 mililiter agar juice sayur kita ini nanti segarnya sempurna. O iya, berhubung kali ini Ny. Emmet membuat juice-nya untuk tiga porsi, jadinya kita menuangkan airnya dua botol. Setelah itu, blender sampai halus.

O iya, sayur kali ini biasanya ditanam secara organik dan dijual di fresh market, total buah, rumah buah dan sejenisnya. Untuk kali ini, Ny. Emmet menggunakan satu bungkus sayur kale tersebut dan bisa dibuat menjadi 3 gelas.

Oke, setelah halus, sayur kale dan nanas madunya sudah tercampur rata, matikan blender dan juice pun siap dituangkan ke gelas. Sedikit tips, kalau juice-nya berbusa, artinya nanasnya tidak terblender secara halus. Kalau begini, keluarkan nanasnya, lalu potong-potong agar ia lebih kecil. Kemudian blender lagi sampai rata dan tidak berbusa.

Sebelum disajikan, tambahkan satu sendok madu agar lebih enak dan lebih banyak manfaatnya dibandingkan dengan menambahkan gula.

Nah, buat yang kurang suka sayur atau daun kale, bisa juga menukarnya dengan caisim. Bisa juga gunakan setengah sendok madu saja jika ingin rasanya lebih fresh. Oke, selamat mencoba.



Kalau Anda ingin melihat langsung bahan-bahan, proses, resep dan cara membuat juice sayur kale, silakan simak video berikut. Jangan lupa like, comment dan subscribe yaa 😊