Bakmi Ayam Pangsit Riau Kopitiam PIK

Rabu kemarin tanggal merah, jadi ada libur dadakan. Tentunya kesempatan emas buat Bang Emmet hunting-hunting makanan. Berhubung bangunnya udah agak kesiangan, udah agak telat kalau kita hunting bubur buat sarapan. Tapi kalau mau makan berat pun, masih kepagian.

Alhasil, mampir lah kita ke Riau Kopitiam di kawasan Golf Island PIK. Bang Emmet sih, ngincer bakmie ayam, sementara Ny. Emmet nyobain Mieso. Sebagai gambaran, kawasan San Antonio Beach PIK atau Golf Island PIK ini surganya makanan. Ada banyak banget cafe/resto untuk makan berat ataupun nongkrong cantik. Bahkan kalau kita datangin 1 gerai per hari, mungkin setahun baru selesai dikunjungi satu persatu.

Nah, Riau Kopitiam ini jadi incaran, karena: 1. Dia sudah buka pas Bang Emmet datang jam 9 pagi, 2. Namanya kopi, tapi ternyata di sini juga tersedia menu mie ayam, bakso dan lain-lain. 3. Mustinya sih halal ya. Anyway, sebagai pecinta mie ayam, ya, Bang Emmet lebih suka mie ayam daripada bakso, menu Bakmi ayam pangsit tentu yang jadi opsi Bang Emmet. Berikut ini penampilannya:

Dari sisi porsi, mie ayam ini kurang lebih sama seperti porsi mie ayam pada umumnya. Kuah dan pangsitnya dipisah di mangkuk kecil. Dan berhubung Bang Emmet pecinta kuah, tentunya kuah semangkuk kecil itu nggak cukup. Alhasil, Bang Emmet pun minta kuah satu mangkuk lagi, dan untungnya free. Jadi ingat tempo hari menyantap mie dengan kuah kaldu yang kena charge tambahan kalau minta kuah ekstra.

Dari sisi rasa, ini yang mantap. Mie-nya enak, serasa custom made, bukan seperti mie yang dijual di pasar atau mie kemasan. Kalaupun mie kemasan, kelihatannya merek recommended. Kenyalnya pas. Tak hanya mie-nya, bumbu-bumbunya pun pas dan kalaupun pakai micin, tidak banyak. Terbukti, setelah mengonsumsi ini, Bang Emmet tidak merasakan dahaga. Daging ayamnya pun empuk dan bumbunya nyerap. Pangsitnya? Rasa dan kenyalnya juga pas saat dikunyah.

Mie ayam ini disajikan apik dengan ditambahkan tauge sebagai pelengkap sekaligus pemanis penampilan. Taugenya ini memang cuma sedikit, tetapi dia tauge muda dan sudah dipotong bersih. Daun sawinya pun dipilihkan yang muda dan segar. Mantap. Sayangnya, tak ada gading yang tak retak. Untuk saus sambalnya, resto ini memilih menggunakan saus botol standar supermarket yang Bang Emmet sudah bosan karena rasanya nggak seperti saus botol abang-abang gerobak mie ayam pinggir jalan. Tapi yaa mungkin ini menyesuaikan dengan target pasarnya.

Untuk harga, satu porsi Bakmi Ayam Pangsit ini dipatok di Rp45 ribu + PPN 10%. Relatif wajar untuk bakmie ayam pangsit standar restoran. Kapan-kapan kalau ke sini lagi, kelihatannya Bang Emmet akan pilih mie ayam pangsit lagi. Mieso yang dipilih Ny. Emmet, lumayan bikin keleyengan kata Ny. Biasanya sih ini tanda-tanda ada micin dan lumayan banyak.

Bakmi Ayam Pangsit - Riau Kopitiam PIK
20 Oktober 2021
Bakmie Ayam Pangsit
Rp45.000++

Rating:
4 - Porsi
4.5 - Rasa
4 - Penyajian
3.5 - Harga
4 - Overall