Nasi Goreng Merah, Aroma Palopo, Kelapa Gading

Akhirnya hari ini mampir ke Aroma Palopo, masakan khas Makassar yang ada di jejeran samping kantor. Jujur saja, rumah makan yang satu ini yang paling Bang Emmet skip kalau lagi mau nyari makan di area sini. For no reason. Mungkin nggak klop aja. Tapi kayaknya setelah pengalaman hari ini, keliatannya semua akan berubah.

Sebenernya ke Kelapa Gading di hari Minggu, sore jauh banget dari bayangan. Apalagi besok paginya hari Senin dan terpaksa Bang Emmet mau gak mau harus ke Kelapa Gading. 

Tapi berhubung mendadak dapat mandat untuk mengantarkan Nyonyah Emmet meeting sama kliennya, berangkat lah kita ke Kelapa Gading. Lumayan, daripada ketemuan di Bekasi. Akhirnya kita menuju meeting point standar, Rumah Makan Marannu, Kelapa Gading. Lho kok? Aroma Palopo gimana?

Agak kocak juga kasusnya. Pas kita udah parkir di depan Marannu dan shareloc di WhatsApp, kliennya Ny. Emmet bacanya lokasi kita ada di Rumah Makan Karebosi yang notabene lebih beken tapi ada beberapa belas meter di sebelah sanaan. Akhirnya, jadilah kita janjiannya ketemu di Karebosi.

Tapi ternyata, Karebosi penuh. Dia ada 1-2 meja tersisa, tapi nggak ada ruangan AC, jadi kurang nyaman untuk meeting atau presentasi. Alhasil, kita geser ke Rumah Makan Marannu. Lha, trus Aroma Palopo? Sebentar.

Nah, pas Bang Emmet dan Nyonyah ke Marannu, di ruangan yang ber-AC itu tinggal ada 1 spot meja yang cukup untuk 4 orang. Dan pas kliennya nelepon lagi untuk konfirmasi, kita kasih tau. Jadinya di Marannu, tetangga Karebosi, beda 3-4 ruko. Deal. Lhaa, judul ceritanya kan Aroma Palopo, bang?

Nah, berhubung klien Ny. Emmet datang dengan beberapa temannya, ya terpaksa Bang Emmet cari tempat lain. Daripada geser ke tempat yang non-AC gak nyaman buat nongkrong dan ngetik, beranjak lah Bang Emmet hunting tempat lain. Yang penting enak buat gelar laptop, syukur-syukur ada colokan listrik dan wifi.

Ada sih satu tempat, deket sini dan gratis (baca: kantor). Mau nongkrong sampe besok pun gapapa. Tapi, ya kali. Akhirnya, sambil lewat, mata tertuju ke Aroma Palopo ini.

Dia ada di tengah-tengah antara Marannu - Karebosi PP. Bang Emmet milih nangkring di sini, karena kosong, dan ruangannya AC semua. Setelah intip, dia juga ada colokan listrik. Cakep. Nyalain perlengkapan ngetik, cek punya cek, ada Wifi juga. Makin cakep.

Berhubung sama-sama Makassar seperti Karebosi dan Marannu, beberapa menu cukup beririsan. Tapi biar beda, Bang Emmet pesan Nasi Goreng Merah. Tapi berhubung nggak tahan, penasaran juga pesan Es Pisang Ijo. Begini penampakannya:

Dari sisi penampilan, ya nasi goreng kayak gini. Tapi telor dadar yang dipasang tepat di tengah sebagai topping, potongan mentimun di sebelah kiri bikin penampilannya cukup cantik. Bang Emmet sendiri kalau bikin nasi goreng untuk Bocah Emmet misalnya, by default ya desainnya seperti ini.

Dari sisi kelengkapan, selain telor dadar, nasi goreng merah ini juga dilengkapi dengan potongan bakso dan udang di bawah selimut telor dadar itu. Not bad. Too bad, Bang Emmet nggak bisa makan udang. Untungnya cuma ada tiga ekor udang saja yang disajikan di sana dan tersia-sia.

Dari sisi porsi, ternyata cukup kenyang juga makan nasi goreng merah ini. Bang Emmet yang belum makan siang karena tadi sarapan sudah kesiangan, (pesan ini tadi sekitar jam 17-an), nggak berekspektasi ketinggian saat lihat porsinya. Tapi ternyata, padet juga gundukan nasi goreng merah ini di bawah telur tadi.

Dari sisi rasa, nasi goreng merah ini juga oke. Sambalnya (yang warna oranye di atas) rasanya aneh buat lidah Bang Emmet. Saus asem gitu. Tapi ya mungkin itu khas-nya. Nasi gorengnya pun agak berminyak, tapi masih relatif wajar. Ya namanya juga nasi goreng. Kapan-kapan ke sini lagi, mungkin Bang Emmet pesan lagi nasi goreng merah ini.

Nasi Goreng Merah, Aroma Palopo, Kelapa Gading, Jakarta
16 Oktober 2022
Nasi Goreng Merah
Rp45.000

Rating
4.0 - Porsi
4.0 - Rasa
4.0 - Penyajian
3.5 - Harga
3.8 - Overall

Psst, tadi Bang Emmet sebut ada Wifi di sini. Kalo mau mampir, AP dan password-nya ini aromapalopojkt:15032015. Ternyata muwantabh juga. Speed-nya dapat segini: